Alami Pertumbuhan Pengguna di 2021, Epic Games Store Bawa Banyak Pembaruan
Epic Games Store, dengan memiliki lebih dari 194 juta pengguna di personal computer (PC). (foto: dok. Epic Games)

Bagikan:

JAKARTA - Epic Games mengalami pertumbuhan di tahun lalu pada toko gim online-nya, Epic Games Store, dengan memiliki lebih dari 194 juta pengguna di personal computer (PC).

Dalam laporan Year In Review 2021, Epic juga sedang mempersiapkan pembaruan baru untuk Store yang akan diluncurkan pada tahun ini.

Selain jumlah penggunanya yang tinggi, Epic Games Store juga mencapai puncak baru dalam pengguna aktif bulanan. Pada Desember tahun lalu, lebih dari 194 juta pengguna menjadi bagian dari platform, yang merupakan peningkatan 34 juta sejak tahun 2020.

Selama akhir tahun tersebut, pengguna aktif harian mencapai 31,1 juta, dengan jumlah puncak bersamaan mencapai 13,2 juta. Pengguna tersebut menghabiskan total 840 juta dolar AS di Store sepanjang tahun, meningkat 20 persen dari tahun 2020.

Melansir Neowin, Jumat, 28 Januari, dari sana, gim pihak ketiga telah melihat lebih dari 300 juta dolar AS, mengalami lonjakan 12 persen. Penjualan liburan akhir tahun juga menunjukkan angka yang mengesankan, dengan lebih dari 31 juta orang bergabung dalam acara tersebut, membeli 159 juta item dan meningkat 14 persen dari penjualan tahun 2020.

Seperti yang diharapkan, sebagian besar gim gratis sebanyak 76 dari 89 yang diberikan di toko juga mencatat rekor pengguna secara bersamaan di PC setelah promosi. Sebanyak 765 juta copy gim gratis diklaim pada tahun 2021 oleh para pemain.

Epic juga merinci bahwa penawaran mingguan gim gratis akan berlanjut hingga tahun ini, yang meliputi Daemon X Machina, dan minggu depan Yooka-Laylee dan Impossible akan datang. Menurut data perusahaan, gim yang ditawarkan pada tahun 2021 bernilai sekitar 2.120 dolar AS secara total.

Tahun ini, perusahaan berencana untuk meluncurkan profil pemain yang lengkap. Ini akan memberi pengguna tempat untuk melihat hal-hal seperti pencapaian mereka dan waktu bermain mereka di semua gim.

Pembaruan lain yang akan datang termasuk jajak pendapat komunitas, organisasi perpustakaan yang diperluas, manajemen unduhan dan menambahkan lebih lanjut wilayah yang didukung Epic Wallet, dan banyak lagi.