Laporan  Terbaru, Tahun 2021 Aksi Pencucian Uang Lewat Kripto Makin Marak  
Sepanjang 2021 pencucian uang lewat kripto makin marak. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Laporan terbaru dari Chainalysis telah mengungkapkan bahwa uang sebesar 8,6 miliar dolar AS telah dicuci melalui cryptocurrency pada tahun 2021. Ini menandai peningkatan 25% dari kasus itu sejak tahun 2020, tetapi masih jauh di bawah rekor tertinggi pada tahun 2019.

Tahun itu nilai 10,9 miliar dolar AS dicuci melalui cryptocurrency. Sejak 2017, Chainalysis memperkirakan bahwa total 33,4 miliar dolar AS dalam crypto telah dicuci.

Chainalysis menunjukkan 33,4 miliar dolar AS dalam crypto yang dicuci sejak 2017 artinya jika dibandingkan dengan perkiraan 2 triliun dolar AS dalam fiat yang dicuci setiap tahun dari kejahatan offline seperti perdagangan narkoba.

Namun, penilaian yang dapat diandalkan dari jumlah fiat yang dicuci lebih sulit ditentukan daripada crypto karena penggunaan uang tunai yang tidak dapat dilacak dalam kejahatan offline.

“Perbedaan terbesar antara fiat dan pencucian uang berbasis cryptocurrency adalah, karena transparansi yang melekat pada blockchain, kami dapat lebih mudah melacak bagaimana penjahat memindahkan cryptocurrency antara dompet dan layanan dalam upaya mereka untuk mengubah dana mereka menjadi uang tunai,” kata laporan tersebut yang dikutip oleh Cointelegraph.

Menurut penyedia analitik keamanan siber, nilai kripto yang dicuci berasal dari "kejahatan kripto-asli" di mana "keuntungan hampir selalu diperoleh dalam mata uang kripto daripada mata uang fiat."

Untuk pertama kalinya sejak 2018, pertukaran terpusat (CEX) menyumbang kurang dari setengah (47%) dari nilai yang dicuci. Ini menandakan potensi perubahan dalam perilaku penjahat dunia maya. Protokol DeFi melihat utilitas mereka untuk alamat gelap meningkat hampir 2.000% dari 2% bagian pada tahun 2020 menjadi 17% pada tahun 2021.

Peretas, seperti orang Korea Utara terkenal yang mencuri sekitar 400 juta dolar AS, sangat menyukai DeFi sementara scammer cenderung lebih memilih CEX, yang oleh Chainalysis dikaitkan dengan "kurangnya kecanggihan".

Chainalysis mengatakan, “Kolam penambangan, pertukaran berisiko tinggi, dan mixer juga melihat peningkatan substansial dalam nilai yang diterima dari alamat terlarang juga.”

Dari dana yang dicuci pada tahun 2021, proporsi yang lebih besar muncul di lima besar layanan pencucian uang pada tahun 2021 (58%) dibandingkan pada tahun 2020 (54%). Namun, konsentrasi keseluruhan pencucian uang menurun pada tahun 2021 karena 583 alamat menerima setoran senilai setidaknya 1 juta dolar AS sementara pada tahun 2020, 270 alamat tersebut digunakan.

Berdasarkan aset, altcoin melihat jumlah konsentrasi terbesar karena 68% dari yang dicuci pergi ke 20 alamat deposit terbesar yang digunakan untuk aktivitas terlarang. Ethereum (ETH) berada di urutan berikutnya dengan 63%, stablecoin sebesar 57%, dan Bitcoin (BTC) sejauh ini adalah yang paling tidak terkonsentrasi dengan hanya 19% yang mengarah ke alamat teratas..