Ribuan Satelit Starlink Milik Elon Musk Ganggu Pengamatan Teleskop Asteroid, Ini Penyebabnya!
Proyek Starlink dianggap lumayan menganggu teleskop satelit asteroid. (foto: dok. spacex)

JAKARTA - SpaceX telah meluncurkan semakin banyak satelit internet sejak 2018. Hingga kini bahkan sudah lebih dari 2.000 satelit Starlink yang berada di orbit rendah Bumi, sekitar 340 mil di atas planet ini.

Tujuannya satelit tersebut adalah untuk menyediakan internet berkecepatan tinggi dan berkualitas tinggi ke tempat-tempat paling terpencil di Bumi, melalui konstelasi satelit internet Starlink.

Namun, satelit tersebut telah banyak dikritik oleh para astronom. Mereka mengatakan objek yang diamati oleh satelit lain, dapat muncul sebagai garis-garis dalam gambar teleskop akibat banyaknya satelit milik Elon Musk di luar angkasa. Hal ini menghambat pengamatan ilmiah mereka.

Sebuah studi oleh California Institute of Technology memeriksa pengamatan yang dilakukan oleh Zwicky Transient Facility (ZTF) di San Diego, California antara 2019 dan 2021.

Mereka menemukan bahwa pada November 2019 hanya 0,5 persen gambar senja yang memiliki 'garis' Starlink, sedangkan pada September 2021 meningkat menjadi 20 persen.

Mereka menyatakan seperlima dari semua gambar yang diambil oleh teleskop asteroid yang penting terganggu oleh satelit SpaceX Starlink milik Elon Musk.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa begitu SpaceX mencapai 10.000 satelit Starlink yang dikirimkan ke luar angkasa, maka setiap gambar yang mereka amati akan berisi setidaknya satu coretan.

Namun, tidak semuanya buruk, karena setiap coretan hanya menyumbang sepersepuluh dari satu persen piksel yang terlihat dalam gambar ZTF penuh. Ini memiliki dampak yang lebih kecil daripada langit yang berawan.

Menurut laporan Dailymail, Insinyur di SpaceX telah mencoba sejumlah langkah untuk melawan efek ini, termasuk mengurangi seberapa reflektif satelit, dan menyediakan informasi pelacakan.

Beberapa dari langkah-langkah ini telah membantu, dengan beberapa observatorium yang lebih besar dapat menginstal perangkat lunak yang melawan, atau memprediksi posisi satelit ketika gambar diambil.

Namun, banyak astronom mengatakan masalahnya hanya akan menjadi lebih buruk, dan sangat buruk untuk observatorium seperti ZTF yang mengambil pandangan luas ke langit.

Garis-garis itu paling jelas dalam pengamatan senja yang diambil saat fajar atau senja yang merupakan titik vital di malam hari untuk melihat asteroid dekat Bumi.

ZTF, didanai oleh National Science Foundation dan beroperasi dari Observatorium Palomar Caltech, dalam memindai seluruh langit malam setiap dua hari.

Selama pemindaian, mereka membuat katalog objek kosmik yang meledak, berkedip, atau berubah seiring waktu, yang dapat menjadi indikasi asteroid yang mendekat ke Bumi.

Anggota tim Zwicky mengatakan mereka memutuskan untuk secara khusus mempelajari efek dari satelit Starlink karena mereka saat ini mewakili orbit rendah Bumi terbesar, atau LEO, konstelasi, dan memiliki orbit yang dicirikan dengan baik.

Namun, SpaceX bukan satu-satunya operator yang meluncurkan konstelasi orbit rendah Bumi. OneWeb milik Inggris juga memiliki konstelasi yang berkembang, Amazon juga sudah memulai peluncuran sistem Kuiper, dan China sedang mempertimbangkan peluncuran konstelasi.

Temuan menunjukkan bahwa 5.301 coretan satelit muncul dalam gambar arsip yang diambil antara November 2019 dan September 2021.