Microsoft Corp Hentikan Produksi  Xbox One, Pilih Fokus pada Series X
Microsoft Corp akan fokus pada pengembangan konsol gim Xbox Series X. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Corp menyatakan pada Kamis, 13 Januari bahwa pihaknya telah menghentikan pembuatan semua konsol Xbox One dan kini memilih fokus untuk memproduksi konsol generasi berikutnya.

"Untuk fokus pada produksi Xbox Series X|S, kami menghentikan produksi untuk semua konsol Xbox One pada akhir 2020," kata Cindy Walker, direktur senior Pemasaran Produk Konsol Xbox, seperti dikutip Reuters.

Microsoft awalnya menghentikan Xbox One X dan Xbox One S digitalnya sebelum peluncuran Xbox Series X pada tahun 2020.

Raksasa perangkat lunak itu telah meluncurkan dua model Xbox Series X pada November 2020, tujuh tahun setelah debut versi sebelumnya. Hal ini untuk menangkap lonjakan belanja konsumen yang didorong oleh pandemi untuk gim.

Namun, beberapa industri di seluruh dunia menghadapi beban kekurangan mikro chip semikonduktor yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang menyebabkan keterlambatan pengiriman beberapa produk.

Pada bulan November lalu, harian bisnis Nikkei melaporkan bahwa Nintendo Co  juga akan membuat konsol game Switch 20% lebih sedikit dari yang direncanakan karena krisis pasokan chip.

Para pembuat konsol gim, memang harus memilih atau membuat strategi baru dalam pengembangan  hardware gim karena berbagai kondisi, seperti kekurangan chip yang entah kapan akan mampu diatasi.