Vitalik Buterin Ajukan Proposal Solusi Potensial Gunakan Penetapan Harga "Multidimensi" Ethereum
Jaringan Ethereum saat ini bersiap untuk "penggabungan". (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Co-founder Ethereum, Vitalik Buterin, telah menerapkan kembali pemikirannya dalam upaya untuk meningkatkan struktur biaya saat ini untuk jaringan.

Proposal berjudul “Multidimensional EIP-1559” diletakkan dalam sebuah posting blog pada 5 Januari di mana Buterin mencatat bahwa sumber daya yang berbeda di Ethereum Virtual Machine (EVM) memiliki tuntutan yang berbeda dalam hal penggunaan gas.

Dia menambahkan bahwa ada batasan yang berbeda untuk kapasitas "meledak" jangka pendek yang bertentangan dengan kapasitas "berkelanjutan" dalam EVM dengan mengutip contoh penyimpanan data blok, penyimpanan data saksi, dan perubahan ukuran status blok.

“Skema yang kita miliki saat ini, di mana semua sumber daya digabungkan bersama menjadi satu sumber daya multidimensi ('gas'), melakukan pekerjaan yang buruk dalam menangani perbedaan ini.”

Masalahnya adalah bahwa menyalurkan semua sumber daya yang berbeda ke dalam satu sumber mengarah pada “biaya gas yang sangat suboptimal” ketika batasan ini tidak selaras, tambahnya, seperti dikutip oleh Cointelegraph.

Buterin menguraikan perubahan yang diusulkannya yang cukup rumit dengan banyak matematika teknis, tetapi singkatnya, proposal tersebut menawarkan dua solusi potensial menggunakan penetapan harga "multidimensi".

Opsi pertama akan menghitung biaya gas untuk sumber daya seperti data panggilan dan penyimpanan dengan membagi biaya dasar untuk setiap unit sumber daya dengan total biaya dasar. Biaya dasar adalah biaya jaringan tetap per blok yang termasuk dalam algoritma EIP-1559.

Opsi kedua yang lebih kompleks menetapkan biaya dasar untuk menggunakan sumber daya tetapi mencakup batas burst pada setiap sumber daya. Juga akan ada “biaya prioritas” yang ditetapkan sebagai persentase dan dihitung dengan mengalikan persentase dengan biaya dasar.

Dia menyatakan bahwa kelemahan dari struktur biaya multidimensi adalah bahwa “pembangun blok tidak akan dapat begitu saja menerima transaksi dalam urutan biaya per gas yang tinggi ke rendah.” Mereka harus menyeimbangkan dimensi dan memecahkan masalah matematika tambahan.

Masih harus dilihat apakah proposal akan disahkan karena prioritas saat ini adalah peningkatan besar berikutnya. Jaringan Ethereum saat ini bersiap untuk "penggabungan" yang akan menghubungkan blockchain Ethereum dengan Rantai Beacon dan secara efektif mengakhiri Proof-of-Work. Pengujian sudah dilakukan di testnet Kintsugi dan penerapan penuh diharapkan pada kuartal pertama tahun ini.

EIP-1559 dikerahkan pada Agustus lalu sebagai bagian dari upgrade London untuk membakar sebagian dari biaya transaksi untuk membuat harga gas lebih dapat diprediksi. Sejak ditayangkan, 1,36 juta ETH senilai sekitar 4,7 miliar dolar AS dengan harga saat ini, telah dihancurkan menurut burn tracker.