Microsoft Gandeng Qualcomm Bikin Chip untuk Terjun ke Metaverse
Qualcomm dan Microsoft bermitra untuk memasuki dunia metaverse. (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm dan Microsoft bermitra untuk memasuki dunia metaverse bersama dengan mengembangkan chip Augmented Reality (AR) Snapdragon.

Diumumkan pada gelaran IoT CES 2022 ini, chip tersebut akan memberi daya pada kacamata AR ultra-light di masa depan dalam ekosistem Microsoft.

“Kami mengumumkan bahwa kami sedang mengembangkan chip Snapdragon augmented reality custom untuk kacamata AR generasi berikutnya, hemat daya, ultra-light untuk ekosistem Microsoft,” ujar CEO Qualcomm Cristiano Amon.

“Kami mengintegrasikan ke dalam perangkat lunak platform chip dari kedua perusahaan, (yakni) platform Microsoft Mesh, dan platform pengembangan Qualcomm Snapdragon Spaces XR yang baru-baru ini diumumkan," imbuhnya.

Amon menjelaskan, nantinya Snapdragon Spaces akan sepenuhnya terintegrasi ke dalam Microsoft Mesh, dan platform ini akan tersedia untuk kacamata ringan generasi mendatang.

Rencana dukungan untuk Microsoft Mesh dan Qualcomm Snapdragon Spaces XR memang sangat penting. Kedua platform menawarkan kasus penggunaan realitas campuran yang menarik dan bisa menjangkau banyak perangkat, sebagaimana dikutip dari The Verge, Rabu, 5 Januari.

Mesh sudah memiliki sistem VR dan AR lintas platform untuk menghubungkan antara headset realitas virtual, tablet, smartphone, dan PC, sementara Spaces bertujuan secara khusus mengintegrasikan ponsel cerdas yang ditenagai Qualcomm sebagai layar kedua untuk pengalaman realitas campuran.

Mengingat bahwa Qualcomm bermitra menyediakan chip untuk kacamata augmented reality ultra-light, tampaknya sudah jelas bahwa kedua perusahaan memiliki ambisi besar untuk mengintegrasikan proyek masa depan ke dunia digital yang lebih luas dan terhubung.

Kemitraan ini bukan kali pertama yang dijalankan kedua perusahaan, sebelumnya mulai pada 2019, chip Qualcomm Snapdragon 850 sudah mendukung headset HoloLens 2 Microsoft.

Sementara itu, Qualcomm hanya meningkatkan fokusnya dan pengembangannya lebih khusus pada chip yang berfokus pada AR dan VR dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Snapdragon XR2 yang mendukung Oculus Quest 2. Microsoft dan Qualcomm juga telah bekerja sama untuk membuat chip pada prosesor SQ1 dan SQ2 yang disematkan pada Surface Pro X.