Ilmuwan Laporkan Bintang Magnetar Meletus, Kekuatannya 100 Ribu Tahun Cahaya Matahari
Bintang magnetar meletus. (foto: dok. NASA)

JAKARTA - Para ilmuwan baru-baru ini melaporkan, sebuah bintang magnet yang padat meletus dengan hebat. Bintang ini memuntahkan energi sebanyak satu miliar matahari dan itu hanya terjadi dalam sepersekian detik.

Jenis bintang ini, yang dikenal sebagai magnetar, adalah bintang neutron dengan medan magnet yang sangat kuat, dan magnetar sering menyala secara spektakuler dan tanpa peringatan. Tetapi meskipun magnetar bisa ribuan kali lebih terang dari matahari kita, letusannya begitu singkat dan tidak dapat diprediksi sehingga menantang bagi ahli astrofisika untuk menemukan dan mempelajarinya.

Namun, para peneliti baru-baru ini berhasil menangkap salah satu suar ini dan menghitung osilasi dalam kecerahan magnetar saat meletus. Para ilmuwan menemukan bahwa magnetar jauh melepaskan energi sebanyak yang dihasilkan matahari kita dalam 100.000 tahun, dan itu terjadi hanya dalam 1/10 detik, menurut sebuah pernyataan yang diterjemahkan dari bahasa Spanyol.

Sebuah bintang neutron terbentuk ketika sebuah bintang masif runtuh di akhir hidupnya. Saat bintang mati dalam supernova, proton dan elektron di intinya dihancurkan menjadi massa matahari terkompresi yang menggabungkan gravitasi intens dengan rotasi kecepatan tinggi dan kekuatan magnet yang kuat, menurut NASA.

Hasilnya, sebuah bintang neutron, berukuran kira-kira 1,3 hingga 2,5 massa matahari — satu massa matahari adalah massa matahari kita, atau sekitar 330.000 kali Bumi — dijejalkan ke dalam bola yang berdiameter hanya 20 kilometer.

Menurut laporan livescience.com, materi di bintang neutron begitu padat sehingga jumlah seukuran gula batu akan berbobot lebih dari 1 miliar ton (900 juta metrik ton). Tarikan gravitasi bintang neutron itu juga sangat kuat sehingga marshmallow yang lewat akan menabrak permukaan bintang dengan kekuatan 1.000 bom hidrogen, menurut NASA.

Magnetar adalah bintang neutron dengan medan magnet yang 1.000 kali lebih kuat dari bintang neutron lainnya, dan mereka lebih kuat daripada objek magnetik lainnya di alam semesta. Matahari kita akan tampak pucat jika dibandingkan dengan bintang-bintang yang terang dan padat ini. Bahkan ketika mereka tidak meletus sekali pun. Hal ini dijelaskan oleh  penulis utama studi Alberto J. Castro-Tirado, seorang profesor penelitian di Institut Astrofisika Andalucía di Dewan Penelitian Spanyol, dalam pernyataan yang dikutip livescience.com.

"Bahkan dalam keadaan tidak aktif, magnetar bisa 100.000 kali lebih bercahaya dari matahari kita," kata Castro-Tirado. "Tapi dalam kasus lampu kilat yang telah kami pelajari - GRB2001415 - energi yang dilepaskan setara dengan yang dipancarkan matahari kita dalam 100.000 tahun."

Suar Raksasa

Magnetar yang menghasilkan letusan singkat terletak di Galaksi Pematung (Sculptor), galaksi spiral sekitar 13 juta tahun cahaya dari Bumi, dan merupakan "monster kosmik sejati," rekan penulis studi Victor Reglero, direktur Laboratorium Pemrosesan Gambar UV, mengatakan dalam pernyataan.

Suar raksasa terdeteksi pada 15 April 2020 oleh instrumen Atmosphere–Space Interactions Monitor (ASIM) di Stasiun Luar Angkasa Internasional, para peneliti melaporkan 22 Desember di jurnal Nature.

Kecerdasan buatan (AI) dalam saluran ASIM mendeteksi suar, memungkinkan para peneliti untuk menganalisis gelombang energi yang singkat dan keras itu; suar hanya berlangsung 0,16 detik dan kemudian sinyalnya menghilang dengan sangat cepat sehingga hampir tidak dapat dibedakan dari kebisingan latar belakang dalam data.

Penulis penelitian menghabiskan lebih dari satu tahun menganalisis pengumpulan data ASIM selama dua detik, membagi peristiwa tersebut menjadi empat fase berdasarkan keluaran energi magnetar, dan kemudian mengukur variasi medan magnet bintang yang disebabkan oleh pulsa energi saat berada di puncaknya.

“Ini seolah-olah magnetar memutuskan untuk menyiarkan keberadaannya "dari kesendirian kosmiknya" dengan berteriak ke ruang hampa dengan kekuatan "satu miliar matahari," kata Reglero.

Hanya sekitar 30 magnetar yang telah diidentifikasi dari sekitar 3.000 bintang neutron yang diketahui, dan ini adalah suar magnetar terjauh yang terdeteksi hingga saat ini.

Para ilmuwan menduga bahwa letusan seperti ini mungkin disebabkan oleh apa yang disebut gempa bintang yang mengganggu lapisan luar elastis magnetar, dan pengamatan langka ini dapat membantu para peneliti mengungkap tekanan yang menghasilkan sendawa energi magnetar, menurut penelitian tersebut.