Google Terpaksa Tunda Update Penting untuk Pixel 6  Lantaran Kesalahan Perangkat Lunak yang Memalukan
Google terbaru hadir dengan daya tahan baterai 24 jam. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Google terpaksa untuk menunda pembaruan besar pertama untuk smartphone Pixel 6 dan 6 Pro selama sebulan.  Sementara itu mereka harus memperbaiki kesalahan perangkat lunak yang memalukan.

Perusahaan teknologi asal AS itu mengatakan perlu lebih banyak waktu untuk menyelidiki masalah panggilan yang baru-baru ini ditemukan dan pemutusan sambungan untuk perangkat dengan pembaruan perangkat lunak yang diinstal.

Versi pembaruan tetap akan dirilis pada akhir Januari, menurut perusahaan, yang merilis ponsel andalan Pixel 6 dan 6 Pro pada bulan Oktober.

Namun, seorang komentator mengecam raksasa teknologi California itu karena terlalu lama merilis perbaikan bug penting. Mereka bahkan mengkritiknya sebagai 'bentuk yang sangat buruk di pihak Google'.

Pembaruan besar pertama untuk perangkat mulai diluncurkan pada pertengahan Desember dan mencakup perbaikan dan fitur seperti Quick Tap to Snap, yang memungkinkan pengguna mengakses Snapchat langsung dari layar kunci hanya dengan mengetuk bagian belakang ponsel dua kali.

Tetapi sejak peluncuran pembaruan dilakukan, Google telah memperhatikan beberapa pengguna yang melaporkan bahwa panggilan gagal atau terputus, membuat Google terpaksa untuk menghentikan peluncuran.

"Tim Pixel menghentikan pembaruan perangkat lunak bulan Desember untuk perangkat Pixel 6 dan Pixel 6 Pro setelah beberapa pengguna melaporkan bahwa panggilan gagal atau terputus," kata Camille Vogl, manajer komunitas untuk Pixel di Google, dalam sebuah posting singkat yang dikutip Dailymail.

“Kami sekarang telah mengidentifikasi perbaikan yang akan diluncurkan dalam pembaruan perangkat lunak pada akhir Januari. Pembaruan ini juga akan mencakup semua perbaikan dan peningkatan yang semula direncanakan pada bulan Desember,” kata Vogl.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan ini dan menghargai kesabaran Anda saat kami meluncurkan perbaikan,” ucap Vogl.

Vogl juga mengatakan bahwa 'tidak diperlukan tindakan' untuk bagi pengguna yang tidak mengalami masalah apa pun. Ini  menunjukkan bahwa bug tidak memengaruhi setiap Pixel 6 dan 6 Pro yang memiliki pembaruan perangkat lunak.

Dia juga menyarankan menggunakan Android Flash Tool untuk menginstal versi lama Android 12 ke perangkat mereka, tetapi ini melibatkan melakukan reset pabrik dan mencadangkan perangkat untuk menghindari kehilangan data berharga.

Smartphone unggulan Google terbaru hadir dengan daya tahan baterai 24 jam, 'kamera paling canggih yang pernah ada' dan Google Tensor, prosesor pertama yang dirancang oleh perusahaan.

Seperti yang ditunjukkan oleh Droid Life, pemilik Pixel 6 dan 6 Pro dengan pembaruan memiliki opsi untuk menunggu satu bulan untuk perbaikan atau menggunakan Android Flash Tool – tetapi kedua opsi ini disebut 'mengerikan'.

“Kedua opsi itu payah dan Google harus melakukan yang lebih baik,” kata Droid Life. “Di mata kami, seharusnya tidak butuh waktu lama untuk memperbaiki bug penting.”

“Selain itu, memberi tahu publik untuk menggunakan Flash Tool untuk kembali ke versi lama dan menghapus perangkat mereka? Apakah Anda sedang bercanda?” ulas Droid Life.

Atau mungkin pengguna Pixel 6 dan Pixel 6 pro, harus menggunakan ponsel mereka lainnya, sementara menunggu perbaikan nyata dari Google. Ini bisa berarti uang yang  dibelanjakan untuk membeli ponsel itu berakhir dengan sia-sia.