Meluncur Akhir Tahun Ini, Google Pixel Fold Diklaim Adopsi Desain Samsung Galaxy Z Fold
Samsung Galaxy Z Fold , mengbinspirasi pembuatan Pixel Fold. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ponsel lipat atau fold memang sedang menjadi tren smartphone tahun ini. Tak ayal, Google pun direncanakan akan meluncurkan Pixel Fold sebelum akhir tahun, atau sekitar kuartal keempat (Q4) 2021.

Pixel Fold diketahui merupakan ponsel lipat pertama perusahaan, diklaim akan lebih mencuri perhatian ketimbang Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang akan dirilis musim gugur ini.

Laporan meluncurnya Pixel Fold antara Oktober hingga Desember itu berasal dari sumber yang sering dapat diandalkan, Evan Blass, atau dikenal sebagai @evleaks di Twitter, dan kode yang ditemukan di Android 12.1 Google yang akan datang, seperti dikutip dari Digital Trends, Selasa, 21 September.

Berbeda dengan Pixel 5a dan Pixel 6 yang bocor beberapa kali sebelum diumumkan secara resmi, tidak banyak yang bocor menyoal Pixel Fold. Kemungkinan besar ia akan berbagi chip Tensor yang sama dengan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, menawarkan kinerja yang bisa menyamai atau bahkan melebihi Snapdragon 888 jika Google memainkan kartunya dengan benar.

Layarnya sendiri diharapkan hadir dengan ultra-thin glass (UTG), dan dibuat dengan panel LTPO OLED, seperti Samsung Galaxy Flip 3 dan Galaxy Fold 3 yang belum lama ini diluncurkan. Untuk mempertahankan gaya desain yang sama dengan seri Galaxy Z Fold, Pixel Fold akan memiliki layar internal dan eksternal.

Sayangnya, tidak ada informasi tentang kamera, tetapi Google telah melakukan pekerjaan yang baik pada semua ponselnya hingga saat ini, jadi tidak ada salahnya untuk mengharapkan kinerja kamera yang sangat baik seperti biasa.

Adapun perangkat lunak, Google telah melakukan beberapa pekerjaan yang mengoptimalkan Android untuk perangkat yang dapat dilipat, perusahaan akan melakukan sedikit lebih banyak dengan Android 12.1.

Saat ini, Google dilaporkan sedang menguji perangkat lipat lain, meskipun tidak jelas apakah raksasa itu berencana untuk meluncurkan satu atau kedua perangkat. Ada spekulasi bahwa satu perangkat mungkin dapat dilipat yang dirancang seperti seri Galaxy Z Flip, sementara perangkat lain akan lebih mirip dengan Galaxy Fold.

Namun, Google tidak pernah mendominasi pasar perangkat keras dengan cara yang sama seperti yang telah dilakukan untuk perangkat lunak, perusahaan tidak pernah malu untuk melawan tren dan melakukan sesuatu yang dapat dianggap berisiko.

Misalnya saja seperti laptop Pixel asli Google, pendekatannya ke ponsel Pixel, dan perangkat aneh lainnya seperti Pixel Slate. Dengan perangkat lipat yang akan segera meluncur, Google telah mengirimkan niatnya untuk masuk ke pasar.