Bagikan:

JAKARTA – Pada akhir Maret lalu, Google mengumumkan bahwa fitur Circle to Search akan diperluas ke lebih banyak perangkat Pixel. Kini, fitur pendukung mesin pencari itu resmi diluncurkan ke Pixel Fold.

Berdasarkan temuan 9to5google, fitur Circle to Search ditambahkan ke Pixel Fold melalui patch keamanan bulan April. Meski Google menjanjikan kehadiran fitur ini di Pixel Fold dan Tablet Pixel, fitur ini belum terlihat di perangkat tablet.

Belum diketahui kapan Circle to Search akan ditambahkan ke Tablet Pixel. Sepertinya, fitur tersebut akan diluncurkan dalam waktu dekat mengingat cepatnya perluasan yang dilakukan oleh Google dalam beberapa minggu terakhir.

Pada Rabu, 27 Maret lalu, Google meluncurkan Circle to Search secara bertahap ke seri Pixel 6 dan Pixel 7. Fitur ini bahkan diluncurkan di perangkat Samsung, yaitu seri Galaxy S23, Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, dan Galaxy Tab S9.

Fitur ini aktif secara default dan bisa digunakan dengan mengambil gambar dan melingkari objek yang ingin ditelusuri. Khusus untuk Pixel Fold dan Tablet Pixel, meski belum diluncurkan, fitur Circle to Search tidak bisa diaktifkan di layar utama.

Hal ini terjadi karena bidang pencarian tidak mencakup seluruh lebar layar bagian dalam. Namun, perangkat Pixel lainnya tetap bisa mengaktifkan Circle to Search dan mengakses fiturnya dengan cepat melalui layar utama.

Google memberikan opsi bagi para pengguna yang tidak menginginkan fitur Circle to Search di layar utama. Mereka bisa menonaktifkan fitur tersebut dengan membuka Setelan dan Sistem, mengetuk Mode Navigasi, dan mematikan Navigasi Gestur.