Operasional Gigafactory, Pabrik Tesla di Berlin Masih Terkendala Izin Lingkungan
Pabrik mobil Tesla, Gigafactory di Berlin. (foto; tangkapan layar youtube)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa kendaraan Tesla Model Y telah terlihat di Gigafactory Berlin. Produksi diharapkan dapat dimulai setiap hari, tetapi persetujuan lingkungan resmi masih belum pasti.

Selama setahun terakhir, Tesla memang telah mengalami banyak birokrasi ketika mencoba mendapatkan persetujuan untuk memulai produksi di Gigafactory Berlin, sebuah pabrik mobil raksasa baru yang terletak di dekat Berlin di Brandenburg.

Baru-baru ini, kelompok lingkungan telah berhasil mendapatkan perpanjangan periode komentar publik untuk proyek tersebut, yang menunda persetujuan untuk satu bulan lagi. Periode baru berakhir bulan lalu, dan Tesla dikabarkan berada di ambang persetujuan, tetapi itu belum terjadi.

Kementerian Lingkungan Jerman saat ini telah mengkonfirmasi bahwa mereka masih meninjau komentar dan bahwa Tesla tampaknya belum menyelesaikan semua dokumentasi yang diperlukan untuk persetujuan.

“Setelah konsultasi online selesai, pernyataan yang dibuat akan terus diperiksa. Selain itu, dokumen dari pihak berwenang dan pengembang Tesla masih menunggu,” kata sumber di Kementerian melalui Tagesspiegel, yang juga dikutip Electrek.

Menteri Lingkungan Brandenburg, Axel Vogel, menyerukan komentar serupa tentang beberapa dokumen, atau laporan, yang hilang untuk mengeluarkan persetujuan resmi.

“Agar dapat menerapkan ini secara hukum, perlu juga tersedia laporan yang sesuai. Sayangnya, tidak semua laporan tersedia dalam kualitas ini,” kata Vogel.

Sementara beberapa pejabat pemerintah mengomentari proyek tersebut, tidak ada yang mau mengajukan batas waktu untuk persetujuan lingkungan atas operasi Gigafactory.

Sementara itu, Tesla tampaknya membuat kemajuan di pabrik dengan beberapa bodi Model Y dan bahkan kendaraan secara penuh terlihat di jembatan layang via drone baru-baru ini.

Rekaman dari drone juga melihat beberapa sisa yang keluar dari pabrik, yang juga bisa menjadi indikasi bahwa beberapa pekerjaan produksi sedang berlangsung.

Tesla telah mentargetkan untuk memulai produksi Model Y di pabrik pada akhir tahun, tetapi waktu untuk memenuhi target itu kini mulai habis.