Instagram Ajak Pengguna Bernostalgia dengan Fitur <i>Playback</i>
Fitur Instagram Playback muncul di Bulan Desember. (foto: dok. instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram baru saja menghadirkan fitur Playback ke media sosialnya. Ini karena year-in-review kembali menjadi tren di tahun ini.

Fitur Playback memungkinkan pengguna menghidupkan kembali Stories selama tahun 2021. Nantinya, Instagram akan otomatis membagikan Playback 10 Stories yang dikurasi dari setiap momen pengguna.

Namun, media sosial tersebut memberikan pengguna kemampuan dengan siapa pun dapat mengedit, menambahkan, atau menghapus Stories dari daftar Playback melalui arsip Stories mereka, yang akan muncul dalam Playback.

Menurut laporan, fitur Playback ini juga akan otomatis muncul ketika sudah tersedia, dengan pengguna akan melihat pesan di feed Instagram mereka yang mengundang mereka untuk membuat Playback, dan jika mereka melihat Stories 2021 yang ingin mereka tambahkan, pengguna dapat mengklik stiker “2021” untuk melihat dan berbagi di Playback mereka.

Dilansir dari The Verge, Jumat, 10 Desember, Playback akan tersedia sebagai fitur terbatas minggu ini, dan beberapa minggu ke depan seluruh pengguna Instagram sudah dapat menjajalnya.

Meski fitur Playback ini diklaim akan populer, di mana rata-rata pengguna Instagram menaruh minat untuk memamerkan kembali Stories favorit mereka, tetapi Instagram belum membawa fitur akhir tahun yang lebih sederhana dan populer seperti "top nine" foto grid.

Namun, pengguna tak perlu bersedih karena masih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan variasi dari sembilan grid foto akhir tahun teratas, tetapi harus mengorbankan informasi pribadi seperti alamat e-mail dan info login Instagram.

Sebagian besar aplikasi dan platform masih gagal untuk meniru popularitas fitur Spotify Wrapped akhir tahun, yang memungkinkan pengguna melihat dan membagikan lagu, artis, dan genre teratas mereka.