Bagikan:

JAKARTA – NordPass telah merilis daftar kata sandi paling umum tahun 2021, yang mengungkapkan beberapa kata sandi paling tidak aman yang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Terlepas dari banyak peringatan dari pakar keamanan siber tentang penggunaan kata sandi yang umum dan mudah ditebak, daftar kata sandi buruk tahunan terus menyertakan beberapa tersangka yang sama setiap tahun. Ini adalah tren yang membingungkan, terutama dengan peningkatan eksponensial dalam kejahatan dunia maya selama pandemi.

Dengan semakin aktifnya peretas belakangan ini, pakar keamanan siber merekomendasikan penggunaan kata sandi yang kuat untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan. Pakar keamanan siber merekomendasikan bahwa kata sandi yang kuat harus mencakup setidaknya 12 karakter, termasuk kombinasi huruf besar dan kecil yang bervariasi.

Mereka juga harus menyertakan angka dan simbol untuk membuat kata sandi lebih rumit dan lebih sulit untuk dipecahkan. Para ahli juga memperingatkan agar tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun, sehingga satu kata sandi yang bocor tidak serta merta mengakibatkan semua akun disusupi.

Menurut daftar yang diterbitkan oleh NordPass, kata sandi yang paling umum secara global adalah "123456", diikuti oleh "password (kata sandi)". Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa baik pria maupun wanita sama-sama buruk dalam membuat kata sandi yang kuat, dengan "123456789," "abc123," dan "password1" menjadi beberapa dari sepuluh pendatang teratas lainnya untuk kedua jenis kelamin di Amerika Serikat.

Secara global, temuan permata lainnya adalah kata sandi yang termasuk "11111," "123123," dan "qwerty," yang semuanya membutuhkan waktu kurang dari 1 detik untuk dipecahkan dengan serangan brute force sederhana.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa Ferrari dan Porsche adalah merek mobil paling populer yang dipilih sebagai kata sandi yang buruk, sementara "dolphin (lumba-lumba)" adalah kata sandi yang berhubungan dengan hewan yang paling banyak digunakan di banyak negara.

Sementara banyak kata sandi yang buruk sama untuk pria dan wanita, daftar ini juga menunjukkan beberapa perbedaan yang signifikan. Meskipun wanita tampaknya memilih kata sandi yang menyenangkan seperti "sunshine", "iloveyou", dan "princess", sementara pria biasanya memilih istilah olahraga seperti "baseball" dan "football", serta pahlawan super dalam buku komik seperti "superman".

Beberapa istilah lain yang digunakan oleh pria termasuk "naga", "killer", dan beberapa kata-kata kotor. Tren yang sama juga berlaku untuk Inggris, di mana pria memilih nama tim sepak bola favorit mereka, seperti "liverpool1," "chelsea" dan "arsenal" sebagai kata sandi mereka. Wanita di Inggris, sementara itu, memilih " chocolate" sebagai salah satu kata sandi buruk favorit mereka.

Penelitian ini juga menyoroti negara mana yang paling banyak membocorkan kata sandi selama setahun terakhir. Rusia berada di urutan teratas daftar dengan total 2.867.917.611 selama tahun 2021, yang merupakan 19,90 per kapita yang mengkhawatirkan.

Amerika Serikat mengalami 1.699.435.286 kebocoran, yaitu 5,15 per kapita. Meskipun secara signifikan lebih rendah dari Rusia, kebocoran kata sandi per kapita masih berada di sisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebagian besar negara barat lainnya.

Well, Mungkinkah Anda termasuk si pemakai kata sandi yang buruk ini? Kalau iya, berarti inilah saatnya Anda mengubah kata sandi menjadi lebih rumit namun mudah untuk diingat.