Google Bakal Permudah Pengguna Menambahkan Kata Sandi Secara Manual di Chrome, Segera!
Google kini bisa menambahkan kata sandi manual di Chrome. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bertahun-tahun Google memang belum menjadikan Chrome sebagai pengelola kata sandi terbaik, dan pengguna tak dapat menambahkan kata sandi mereka sendiri. Tetapi tampaknya, itu akan segera berubah.

Menurut laporan dari pengguna Reddit, Leopeva64-2, yang pertama kali melihat versi stabil terbaru dari Chrome itu terdapat akses, di mana pengguna bisa menambahkan kata sandi secara manual.

Leopeva64-2 melihat fitur kata sandi manual di Chrome Canary versi 101 pada 2021 lalu, versi browser Chrome yang digunakan untuk pengujian beta fitur baru sebelum dirilis ke versi publik. Fitur ini terdapat di pengelola kata sandi lainnya.

Menambahkan kata sandi secara manual akan memberi pengguna kontrol yang lebih baik atas informasi tersimpan yang saat ini disimpan di pengelola kata sandi Google Chrome. Ini juga mencegah pengguna mengunjungi setiap situs web dan memuat detail untuk disimpan.

Selain itu, fitur anyar tersebut juga akan memudahkan untuk membersihkan kesalahan dan situasi di mana banyak sandi disimpan tanpa informasi masuk lainnya, seperti nama pengguna atau alamat email.

Namun melansir TechRadar, Rabu, 23 Februari, kekhawatiran juga dikemukakan di utas Reddit yang sama mengenai enkripsi, meskipun kemungkinan apa pun yang disimpan dalam catatan akan dilindungi bersama dengan kata sandi yang sebenarnya itu sendiri.

Mengingat sebagian besar layanan manajemen kata sandi lainnya juga mengenkripsi semua informasi yang disimpan di samping kata sandi yang sebenarnya, tidak biasa bagi Google untuk mengabaikan ini.

Seperti yang disebutkan Neowin dalam laporannya sendiri, ini adalah fitur yang juga dapat diluncurkan ke browser web Microsoft Edge, mengingat itu juga didasarkan pada Chromium.

Lagi-lagi ini bukan hal baru bagi pengelola kata sandi, tetapi bisa sangat penting jika pengguna ingin mengingat kapan terakhir kali mengubah kata sandi atau ingin petunjuk untuk pertanyaan keamanan apa pun.

Meskipun ini dan fungsi kata sandi manual mungkin memerlukan beberapa saat untuk mencapai pengaturan yang mudah diakses, mereka harus ditunggu jika pengguna mengandalkan alat kata sandi Google.

Terkait