Bagikan:

JAKARTA - Membuat kata sandi atau password yang kuat dan sulit adalah salah satu langkah paling umum yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan akun Anda. Namun, seringkali Anda membuat kata sandi yang mudah diingat.

Saat membuat kata sandi baru, hampir semua layanan atau aplikasi pasti memberikan saran untuk membuat kata sandi yang kuat dengan gabungan huruf, symbol, dan juga angka. Namun, jika Anda tidak tahu, berikut ini saran untuk membuat kata sandi yang kuat:

Melansir halaman dukungan Microsoft, jika ingin membuat kata sandi yang kuat, minimal Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Panjangnya setidaknya 12 karakter tetapi 14 atau lebih lebih lebih baik
  • Kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol
  • Bukan kata yang dapat ditemukan dalam kamus atau nama seseorang, karakter, produk, atau organisasi
  • Sangat berbeda dari kata sandi Anda sebelumnya
  • Pertimbangkan untuk menggunakan frasa yang mudah diingat seperti "6MonkeysRLooking ^"

Nah, untuk mengetahui seberapa kuat kata sandi yang Anda buat, untungnya sudah banyak layanan yang bisa melakukan itu, berikut ini adalah rekomendasi situs web untuk mengukur kekuatan kata sandi Anda:

Nordpass

Dikembangkan oleh tim yang juga membuat NordVPN, NordPass menawarkan layanan pemeriksaan kekuatan kata sandi secara gratis dan juga bisa dibilang cukup efektif.

LastPass

Aplikasi pengelola kata sandi yang juga tersedia di iOS dan Android ini cara kerjanya hampir mirip dengan NordPass yang bisa mengukur kekuatan kata sandi Anda.

Kaspersky

Layanan dari perusahaan keamanan iber global ini juga menyediakan website untuk membantu Anda mengukur kekuatan kata sandi secara gratis. Jadi Anda bisa mencoba semua layanan itu sekarang.