Hati-hati Penjahat Dunia Maya, 6 Cara Ini Bisa Buat Kamu Tetap Terlindungi Saat Online di 2022
Enam cara ini bisa menghindari kamu dari penjahat dunia maya selama online 2022 (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, di mana hampir semua masyarakat sudah mengetahui bahaya internet, seringkali kita lupa betapa mudahnya jatuh ke dalam penipuan atau tidak menganggap serius keamanan internet yang kita jelajahi.

Banyak cara bagi ribuan orang di luar sana untuk mencuri data sensitif dan uang mereka secara online setiap bulannya.

Jadi, bagaimana seseorang bisa benar-benar tetap aman saat online di tahun 2022? Berikut beberapa tips yang telah kami rangkum dari MakeUsOf untuk Anda pertimbangkan.

Gunakan VPN untuk Penjelajahan Web yang Lebih Aman

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan VPN yang selama beberapa tahun terakhir sangat populer. Protokol keamanan ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan alamat IP mereka dan mengenkripsi lalu lintas internet mereka, sehingga penjahat dunia maya tidak dapat mengakses data pribadi mereka.

Secara umum, Anda harus menggunakan semacam protokol keamanan online setiap kali Anda menggunakan internet, dan VPN adalah salah satu yang paling mudah diakses. Ada berbagai macam VPN terkemuka yang tersedia saat ini, seperti ExpressVPN dan SurfShark.

Meskipun sebagian besar ada harganya, tentunya hal tersebut sangat berguna jika melihat dari kegunaannya untuk menyembunyikan informasi sensitif online.

Siapkan Autentikasi Dua Faktor untuk Keamanan Akun

Saat ini, ada ribuan situs web yang telah menawarkan autentikasi dua faktor saat mendaftar untuk sebuah akun. Fitur ini sangatlah bermanfaat. Dengan autentikasi dua faktor, Anda diberikan lapisan perlindungan ekstra sehingga penjahat dunia maya tidak dapat mengakses akun online Anda dengan mudah.

Autentikasi dua faktor mengharuskan Anda memverifikasi login apapun melalui mode verifikasi lain. Bahkan, Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke laptop atau tablet menggunakan Bluetooth untuk mengonfirmasi login dengan cepat. Ini akan membuat orang lain atau siapapun tidak bisa masuk ke akun Anda tanpa memiliki akses langsung ke perangkat Anda yang tertaut.

Gunakan Kata Sandi yang Rumit dan Ubah Secara Teratur

Mungkin sebagian orang sulit untuk mengingat semua kata sandi pada setiap akun yang dimiliki, dan itu artinya Anda tergoda untuk menggunakan kata sandi yang sama sepanjang waktu atau menggunakan kata sandi yang pendek dan sederhana yang lebih mudah diingat.

Meskipun ini nyaman, itu bisa mencegah peretasan data pribadi Anda. Semakin pendek dan sederhana kata sandi Anda, semakin mudah untuk diretas. Memang benar jika langkah ini tidak dapat menjamin penuh keamanan data sensitif anda dari para peretas yang menggunakan berbagai teknik peretasan kata sandi, termasuk serangan kamus, malware, dan phishing.

Namun, dengan menggunakan kata sandi yang rumit Anda dapat membuatnya jauh lebih sulit untuk diakses dengan meningkatkan kompleksitasnya. Inilah sebabnya mengapa banyak situs dan pengelola kata sandi menyarankan Anda menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol saat membuat kata sandi Anda, yang memang merupakan ide bagus.

Anda juga harus secara teratur mengubah kata sandi Anda untuk menjaga keamanan akun Anda. Jika Anda memiliki banyak akun yang berbeda dan tidak ingin mengganti password secara berkala, setidaknya Anda harus mempertimbangkan untuk mengganti password yang penting, seperti yang digunakan untuk perbankan atau media sosial.

Instal Perangkat Lunak Antivirus atau Perbarui Versi Anda Saat Ini

Antivirus sangat penting dalam menjaga keamanan perangkat dan data pribadi Anda, jadi ini harus menjadi prioritas mutlak untuk menginstal beberapa perangkat lunak antivirus di perangkat Anda. Antivirus dapat mendeteksi dan menghapus virus dan perangkat lunak berbahaya di perangkat Anda.

Banyak penyedia antivirus juga menawarkan VPN, kontrol orang tua, dan pengelola kata sandi, yang semuanya dapat membuat Anda dan orang yang Anda cintai tetap aman saat online. Anda harus memastikan untuk melihat apa yang sebenarnya ditawarkan oleh perangkat lunak antivirus sistem operasi Anda dan periksa apakah itu dianggap efektif atau tidak secara online.

Hindari Menggunakan Wi-Fi Publik untuk Keamanan Internet

Wi-Fi publik bisa menjadi akses untuk penjahat dunia maya untuk mendapatkan informasi penggunanya. Seorang peretas dapat memposisikan diri mereka di antara Anda dan titik koneksi server, memungkinkan mereka untuk mencuri kredensial login, detail pembayaran, gambar, dan data pribadi lainnya yang dapat mereka gunakan untuk mengakses akun Anda.

Terlebih lagi, mereka bahkan dapat menguping aktivitas online Anda saat Anda menggunakan Wi-Fi publik. Jadi sebaiknya hindari kapan pun Anda bisa atau gunakan VPN untuk mengenkripsi lalu lintas internet Anda dan tetap aman.

Hanya Gunakan Situs Terverifikasi untuk Pengalaman Web yang Lebih Aman

Baik untuk berbelanja, mengunduh perangkat lunak, atau melakukan banyak hal lain secara online, ingatlah untuk selalu menggunakan situs web terverifikasi. Karena penjahat dunia maya yang ingin mengakses data Anda atau memasang malware di perangkat Anda dapat mengoperasikan situs web yang tidak diverifikasi.

Untuk memeriksa apakah suatu situs aman, Anda dapat melihat bilah URL di bagian atas halaman terlebih dahulu. Banyak browser akan menampilkan ikon kunci di sebelah alamat situs web jika situs tersebut aman digunakan.

Anda juga dapat memeriksa URL untuk kesalahan ejaan yang aneh. Misalnya, jika Anda menggunakan ASOS untuk membeli pakaian, tetapi URL-nya bertuliskan "AS0S", maka ini mungkin situs replika yang dibuat untuk mencuri informasi pribadi Anda.

Anda juga dapat melakukan sedikit riset di sekitar situs web untuk melihat apakah situs tersebut memiliki banyak ulasan atau kehadiran media sosial yang mapan. Indikator seperti ini bisa sangat penting dalam menyelamatkan Anda dari penipuan.