Tips Jaga Keamanan Data Sensitif Perusahaan dari Penipuan <i>Phishing</i>
Ilustrasi penipuan phishing (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Kaspersky baru saja menemukan jenis penipuan phishing dengan skema evaluasi kinerja, yang akhirnya mengambil data sensitif perusahaan atau karyawan. 

“Kami menghimbau karyawan perusahaan untuk berhati-hati saat menerima email seperti itu, terutama yang menyerupai komunikasi HR," ujar Roman Dedenok, pakar keamanan di Kaspersky dalam pernyataan yang diterima. 

Untuk melindungi data mereka, Dedenok juga menegaskan pentingnya memverifikasi keaslian permintaan evaluasi diri yang tidak diminta secara langsung dengan departemen SDM mereka.

Untuk menjaga data Anda terlindungi dari serangan dan kebocoran phishing, para ahli Kaspersky merekomendasikan:

  • Berhati-hatilah terhadap pesan dari pengirim yang tidak dikenal: Serangan phishing sering kali datang dari pengirim yang tidak dikenal atau tampak mencurigakan. Jika Anda menerima pesan dari pengguna atau nomor yang tidak dikenal, jangan klik tautan maupun berikan informasi pribadi apa pun.
  • Gunakan kata sandi yang kuat: Gunakan kata sandi unik untuk semua akun aplikasi perpesanan Anda. Hindari penggunaan kata sandi yang sama di beberapa akun, dan pertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi untuk membuat dan menyimpan kata sandi yang kuat.
  • Verifikasi keaslian tautan: Sebelum mengeklik tautan apa pun, periksa apakah tautan tersebut sah. Penipu sering kali membuat situs web palsu yang terlihat mirip dengan situs asli, jadi penting untuk memeriksa ulang URL-nya sebelum memasukkan kredensial login atau informasi sensitif lainnya.
  • Gunakan autentikasi dua faktor: Menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun Anda dapat membantu mencegah akses tidak sah. Aktifkan autentikasi dua faktor pada aplikasi perpesanan untuk memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses akun Anda.
  • Gunakan solusi keamanan: solusi keamanan yang andal akan melindungi perangkat Anda dari berbagai jenis ancaman.