NASA Luncurkan Foto Menakjubkan tentang Planet Jupiter yang Diambil dari Juno
Planet Juipter dilihat dari pesawat tanpa awak Juno. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Jupiter adalah salah satu planet paling menakutkan di Tata Surya kita, dan berkat karya pesawat tanpa awak Juno yang terus mengesankan, NASA baru saja membagikan foto yang benar-benar menakjubkan.

Mengingat kebanyakan orang tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi luar angkasa untuk diri mereka sendiri, gambar dari NASA dan organisasi lain sangat penting. Meskipun sulit untuk menyampaikan luasnya ruang hanya dengan kata-kata, gambar dari Perseverance, Hubble, atau instrumen lain membuat segalanya menjadi lebih mudah.

Ada contoh reguler tentang ini sepanjang waktu. Anda dapat membaca artikel tentang aurora besar yang melanda Bumi, tetapi melihat gambar keindahannya yang tak terduga jauh lebih berdampak. Hal yang sama berlaku untuk semua eksplorasi Mars yang terjadi saat ini.

Adalah satu hal untuk membaca tentang planet yang memiliki bukit pasir yang luas dan bebatuan yang aneh, tetapi untuk melihat gambar sebenarnya dari hal-hal ini benar-benar berbeda. Entah itu untuk tujuan pendidikan atau minat yang lewat, foto-foto ini adalah pintu gerbang kebanyakan orang ke Bima Sakti dan seterusnya.

NASA mengunggah gambar luar angkasa terbarunya pada 10 November dan, sederhananya, itu sangat bagus sehingga Anda mungkin akan mengira itu palsu. Apa yang Anda lihat di atas adalah gambar Jupiter, seperti yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa NASA Juno dan diedit oleh ilmuwan Brian Swift.

Foto itu awalnya diambil pada 2 September saat Juno berada 16.800 mil di atas atmosfer gas Jupiter. Juno telah mengorbit Jupiter sejak Juli 2016 untuk melakukan hal ini. Ini mengorbit planet, secara teratur menggunakan 'JunoCam' untuk menangkap gambar berkualitas tinggi, dan sepenuhnya bertenaga surya meskipun menerima sinar matahari 25x lebih sedikit dibandingkan dengan Bumi.

Juno bukan pesawat ruang angkasa yang paling banyak dibicarakan dalam portofolio NASA, tapi ini benar-benar salah satu yang paling mengesankan.

Adapun Jupiter sendiri, sudah lama menjadi titik fokus besar bagi para astronom. Ini adalah planet kelima yang terjauh dari Matahari dan planet terbesar di Tata Surya. Tidak seperti Bumi atau Mars, bagaimanapun, Jupiter tidak memiliki permukaan padat. Sebaliknya, itu seluruhnya terdiri dari gas (terutama hidrogen dan helium).

Komposisi gas ini juga berarti Jupiter adalah planet yang sangat badai. Bersamaan dengan Bintik Merah Besar, badai baru secara teratur muncul di Jupiter dan berlangsung jauh lebih lama daripada di Bumi.

Foto ini menunjukkan beberapa badai tersebut dengan sangat detail. Lihat bintik merah gelap di planet ini? NASA mengatakan itu adalah topan yang membentang sekitar 250 mil. Ini mungkin terlihat kecil dalam gambar, tetapi mengingat Jupiter memiliki radius 43.441 mil, itu hanya titik kecil di antara badai lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

Lingkungan yang keras itu akan mencegah manusia mengunjungi Jupiter untuk diri mereka sendiri, tetapi dengan melihat gambar seperti ini, kita setidaknya bisa merasa seperti kita telah pergi ke sana.