Seniman Kuba Bangun Industri Kripto Lewat <i>CryptoCuban Social Club</i>
Seniman Kuba mulai berbinsis kripto. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Seniman di Kuba telah mengumumkan investasi baru di dunia seni kripto yang berkembang pesat untuk kolektor online, dengan rencana untuk menjual 1.492 potret digital Kuba melalui token non-sepadan (NFT) untuk memulai "CryptoCuban Social Club."

NFT adalah jenis aset digital yang menggunakan blockchain untuk mencatat kepemilikan barang seperti gambar, video, dan koleksi lainnya. Popularitas mereka yang menggelegar telah membingungkan banyak orang tetapi pertumbuhan eksplosif tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Para seniman pada bulan September mulai memotret orang Kuba dalam pose dan pakaian kreatif, dengan target 1.492 potret unik secara keseluruhan, mengacu pada tahun - 1492 - ketika Christopher Columbus pertama kali tiba di pulau itu.

Pembeli potret digital dapat berinteraksi dengan "CryptoCubans" setelah diluncurkan pada bulan Desember, melalui platform online dan akhirnya, konser langsung dan pesta di Kuba. Itu akan menciptakan "komunitas unik yang akan menghubungkan musik dan budaya kita dengan seluruh dunia," kata para seniman.

Potret dan orang-orang menggabungkan kehangatan masyarakat Kuba dengan dunia digital yang menurut pendiri proyek Gabriel Guerra dapat dianggap dingin dan jauh.

"Kisah-kisah yang diceritakan orang-orang kepada kami secara harfiah mencakup masyarakat Kuba, kehidupan sehari-hari kami, rasa sakit kami, impian kami," kata Guerra dalam sebuah wawancara.

Kuba, negara yang dikelola dengan paham Komunis yang terkenal dengan kota-kota kuno dan mobil-mobilnya serta layanan internet yang buruk, telah menjadi hotspot yang berkembang untuk seni kripto.

Fotografer dan artis seperti Guerra menggunakan platform kripto digital untuk mengakses pasar dan audiens yang sebelumnya mengharuskan artis untuk meninggalkan negara itu, atau pembeli untuk terbang ke pulau itu.

"Ini dapat membawa seniman Kuba, tidak hanya kebebasan untuk berkreasi, tetapi juga kebebasan untuk terhubung dengan kolektor di seluruh dunia," kata Guerra.

Setelah peluncuran resmi proyek pada bulan Desember, 20% dari hasil, dalam cryptocurrency ether , akan diberikan kepada subjek potret, memungkinkan 1.492 warga Kuba mengakses "cryptoworld," menurut situs web proyek.

CryptoCuban Social Club berjanji bahwa pembeli NFT-nya akan memiliki lebih dari sekadar file .jpg, atau gambar digital, alih-alih  mendapatkan akses ke komunitas dan "proyek perubahan langsung."

Kuba mengatakan pada bulan Agustus bahwa pemerintah mereka akan mengizinkan penggunaan cryptocurrency. Ini membuat mereka  salah satu dari beberapa negara Amerika Latin yang baru-baru ini menunjukkan minat dalam mengatur mata uang digital secara resmi.