Pengguna Keluhkan MacBook Mereka Mati Total Usai <i>Upgrade</i> MacOS Monterey
MacOS Monterey mengalami masalah, karena membuat komputer Mac model lama menjadi rusak parah. (foto:a pple)

Bagikan:

JAKARTA - Sistem operasi terbaru Apple, MacOS Monterey yang telah dirilis minggu lalu sepertinya mengalami masalah, karena membuat komputer Mac model lama menjadi rusak parah.

Sejumlah pengguna mengeluhkan masalah tersebut di media sosial dan forum online, mengatakan bahwa setelah menginstal MacOS Monterey, Mac model lama mereka menjadi rusak, dan bahkan mati total.

Pada forum diskusi Apple, terdapat total 10 unggahan yang merinci pengalaman buruk setelah menginstal MacOS Monterey. Seorang pengguna menyebutkan bahwa pada MacBook Pro 2019 miliknya, komputer tidak hidup sama sekali setelah menyelesaikan pembaruan dan bahwa opsi pemulihan biasa tidak memperbaiki masalah.

Mengutip MacRumors, Selass, 2 November, pengguna lain dengan MacBook Pro 2018 juga mengalami masalah saat komputer menyala kembali, tetapi tidak menunjukkan apa pun di layar.

Tidak hanya di forum diskusi, pengguna juga mengeluhkan hal ini di Twitter seraya menyebut @AppleSupport agar segera menemukan solusinya. Masalah ini tampaknya juga mencakup model iMac dan Mac Mini.

Di Reddit, pengguna iMac menyebutkan bahwa setelah mengunduh MacOS Monterey, iMac 2017 miliknya perlu dimulai ulang, namun tidak pernah berhasil kembali ke layar utama atau beranda, malah menampilkan layar kosong. Beberapa pengguna Reddit juga memiliki masalah yang sama.

Meski demikian, hingga kini tidak diketahui apa yang menyebabkan masalah tersebut, tetapi kasus serupa juga pernah terjadi tahun lalu setelah peluncuran MacOS Big Sur.

Meski Apple tidak secara resmi mengumumkan solusinya hanya rincian lewat laman dukungannya, tetapi perbaikan bisa dilakukan dengan melibatkan pemulihan firmware Mac. Namun, ini mungkin di luar jangkauan kebanyakan orang, karena memerlukan penggunaan komputer Mac lain dan alat Apple Configurator 2.

"Dalam keadaan yang sangat jarang terjadi, seperti kegagalan daya selama pembaruan atau pemutakhiran MacOS, Mac mungkin menjadi tidak responsif sehingga firmware harus dihidupkan kembali atau dipulihkan," ungkap Apple dalam laman dukungannya.

Sepertinya masalah ini hanya memengaruhi model MacBook Pro, Mac mini dan iMac‌ yang lebih lama. Tetapi komputer yang lebih baru seperti Mac berbasis silikon Apple tampaknya tidak mengalami masalah.