Apple Rilis Perbaikan untuk Mac yang Bermasalah Usai Instal macOS Monterey
MacOS Monterey

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu pengguna Apple mengeluhkan perangkat Mac mereka mati total atau mengalami layar yang sepenuhnya hitam, usai menginstal sistem operasi teranyar perusahaan, macOS Monterey. Tetapi kini, perbaikan itu telah tiba.

Apple telah merilis perbaikan dari bug firmware Mac yang telah merusak beberapa Mac pengguna. Perbaikan berlaku untuk Mac dengan chip Apple T2, mencakup sebagian besar Mac dengan prosesor Intel yang dirilis pada atau setelah 2018.

"Kami telah mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan firmware pada chip keamanan Apple T2 yang mencegah sejumlah kecil pengguna untuk mem-boot Mac mereka setelah memperbarui macOS," ungkap Apple seperti dikutip dari ArsTechnica, Sabtu, 6 November.

"Firmware yang diperbarui sekarang disertakan dengan pembaruan macOS yang ada. Setiap pengguna yang terkena dampak masalah ini dapat menghubungi Apple Support untuk mendapatkan bantuan," imbuhnya.

Namun sayang, pernyataan Apple itu tidak membahas keluhan serupa oleh pemilik Mac pra-T2. Sebelum memperbaiki bug ini perlu diperhatikan, Anda harus memiliki versi terbaru Apple Configurator 2 yang diinstal di Mac yang menjalankan macOS 10.15.6 atau lebih baru.

Akses internet juga diperlukan saat melakukan perbaikan Mac. Sebab, Anda harus mengkonfigurasi proxy web atau port firewall untuk mengizinkan semua lalu lintas jaringan dari perangkat Apple ke jaringan Apple 17.0.0.0/8. Selain itu, dibutuhkan pula kabel pengisi daya USB-C to USB-C atau kabel USB-A ke USB-C yang didukung perusahaan. Serta kabel Thunderbolt 3. Lihat lebih lanjut cara memperbaikinya di sini.

Sebelumnya diketahui, pada forum diskusi Apple, terdapat total 10 unggahan yang merinci pengalaman buruk setelah menginstal macOS Monterey. Seorang pengguna menyebutkan bahwa pada MacBook Pro 2019 miliknya, komputer tidak hidup sama sekali setelah menyelesaikan pembaruan dan bahwa opsi pemulihan biasa tidak memperbaiki masalah.

Pengguna lain dengan MacBook Pro 2018 juga mengalami masalah saat komputer menyala kembali, tetapi tidak menunjukkan apa pun di layar. Tidak hanya di forum diskusi, pengguna juga mengeluhkan hal ini di Twitter seraya menyebut @AppleSupport agar segera menemukan solusinya. Masalah ini tampaknya juga mencakup model iMac dan Mac Mini.

Sementara di Reddit, pengguna iMac menyebutkan bahwa setelah mengunduh MacOS Monterey, iMac 2017 miliknya perlu dimulai ulang, namun tidak pernah berhasil kembali ke layar utama atau beranda, malah menampilkan layar kosong. Beberapa pengguna Reddit juga memiliki masalah yang sama.