Apple Perbaiki Masalah Baterai dan Keamanan Web Lewat Rilis macOS 12.2.1
Apple baru saja meluncurkan macOS 12.2.1 untuk semua pengguna. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja meluncurkan macOS 12.2.1 untuk semua pengguna dengan beberapa keamanan penting dan perbaikan bug. Khususnya, tambalan untuk masalah pengurasan baterai terkait Bluetooth pada MacBook.

Menyangkut masalah masa pakai baterai pada perangkat Apple, seringkali ada beberapa variabel yang dapat memengaruhi pengalaman pengguna, seperti kesehatan atau usia baterai.

Dengan banyaknya masalah baru yang muncul setelah pengenalan pembaruan perangkat lunak MacOS Monterey 12.2 beberapa waktu lalu, dipastikan bahwa perangkat lunak baru itulah yang menyebabkan masalah.

Selain memperbaiki bug yang membuat banyak baterai perangkat terkuras saat dalam mode Sleep, "macOS 12.2.1 menyediakan pembaruan keamanan penting dan memperbaiki masalah untuk komputer Mac berbasis Intel yang dapat menyebabkan baterai terkuras selama mode Sleep saat tersambung ke periferal Bluetooth," ujar Apple.

Pembaruan 12.2.1 juga menyediakan keamanan penting yang memperbaiki bug WebKit, di mana saat terdeteksi konten jahat ketika melakukan penelusuran web, maka ia akan langsung dieksekusi.

"Memproses konten web perusak yang berbahaya dapat mengakibatkan eksekusi kode arbitrer. Apple mengetahui laporan bahwa masalah ini mungkin telah dieksploitasi secara aktif," kata Apple.

Melansir Digital Trends, Sabtu, 12 Februari, untuk memperbarui perangkat ke macOS 12.2.1, buka System Preferences kemudian klik Software Update untuk melihat apakah itu tersedia untuk Mac Anda. Jika tersedia, klik Update dan tunggu hingga selesai. Dipastikan Anda harus memiliki koneksi WiFi yang kuat.

Sebagai informasi, macOS 12.3 beta kedua yang juga ditayangkan awal minggu ini telah mengonfirmasi bahwa itu termasuk perbaikan baterai, di antara perubahan lain ada Universal Control yang sangat dinanti pengguna. Universal Control tertunda berbulan-bulan dari waktu peluncuran awalnya pada 2021 lalu.