Bagikan:

JAKARTA – Apple akhirnya merilis versi stabil dari macOS Sequioa, sistem operasi (OS) terbaru untuk Mac. Pembaruan sistem ini menyertakan fitur baru dan puluhan patch keamanan untuk mengatasi masalah pada Mac.

Dilansir dari 9to5mac, ada 76 patch keamanan yang disertakan ke dalam macOS Sequioa. Sebagian besar patch ini dirilis untuk memperbaiki bug atau kerentanan yang menurunkan kinerja Mac. Perbaikan ini mencakup masalah akses data hingga potensi eksploitasi.

Seluruh detail mengenai pembaruan keamanan yang Apple tambahkan dapat dilihat di situs resmi dukungan Apple. Perusahaan itu mengatakan bahwa, "dokumen keamanan Apple merujuk pada kerentanan berdasarkan CVE-ID jika memungkinkan."

Dari puluhan perbaikan yang Apple rilis, beberapa di antaranya diluncurkan untuk mengatasi aplikasi yang dapat membocorkan informasi sensitif pengguna, aplikasi yang dapat mengakses data sensitif pengguna, dan masalah pada inisialisasi memori.

Ada juga perbaikan untuk aplikasi yang dapat melewati preferensi Privasi, informasi sensitif yang dapat dibaca penjahat siber, aplikasi yang dapat mengubah bagian terlindungi di sistem file, aplikas yang dapat membaca memori terbatas, serta penghentian aplikasi yang tidak diharapkan.

macOS Sequioa juga mengatasi masalah ekstensi kamera yang dapat mengakses internet, aplikasi yang dapat mengakses file terlindungi dalam wadah App Sandbox, aplikasi yang dapat keluar dari sandbox-nya, pembongkaran arsip file yang tidak diinginkan, dan masih banyak lagi.

Seluruh perbaikan ini dirilis untuk berbagai model Mac, mulai dari Mac Studio tahun 2022 dan yang lebih baru, iMac 2019 dan yang lebih baru, Mac Pro 2019 dan yang lebih baru, Mac Mini 2018 dan yang lebih baru, MacBook Air 2020 dan yang lebih baru, MacBook Pro 2018 dan yang lebih baru, serta iMac Pro 2017 dan yang lebih baru.