Bagikan:

JAKARTA - Pertumbuhan kendaraan ramah lingkungan di Indonesia mengalami lonjakan yang cukup pesat pada tahun ini. Hal itu dibuktikan dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menyatakan bahwa segmen tersebut naik 322 persen dari tahun sebelumnya.

Pada sepuluh bulan pertama 2023, penjualan mobil ramah lingkungan yang terdiri dari hybrid dan EV mencapai 51.831 unit secara keseluruhan atau melonjak 322 persen dari tahun ke tahun yang sebelumnya hanya meraih 12.281 unit.

Segmen ini didominasi oleh kendaraan jenis hybrid yang mencapai angka 39.911 unit atau menyumbang sebesar 77 persen dari total keseluruhan kendaraan ramah lingkungan. Kemudian, mobil berjenis plug-in hybrid (PHEV) hanya menyumbang 0,18 persen. Lalu, kendaraan listrik (EV) sebanyak 11.910 atau sekitar 22,97 persen.

Dalam segmen ini, Toyota memimpin dengan jumlah 28.575 unit yang terdiri dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), PHEV, dan Battery Electric Vehicle (BEV). Pabrikan telah menjual 482 unit mobil BEV dan HEV berjumlah 28.093 unit. Ini semakin mengkokohkan posisi pabrikan sebagai pelopor dalam teknologi hybrid.

Menanggapi hal ini, Anton Jimmi Suwandi, selaku Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengakui bahwa penjualan hybrid saat ini memanglah sangat banyak, namun ia tidak bisa pungkiri bahwa EV bisa mendekati penjualan suatu saat nanti.

“Situasi dinamis ya, tapi untuk saat ini mobil hybrid yang paling banyak penjualannya,” kata Anton saat dihubungi VOI, Kamis, 16 November.

Model yang dijual oleh Toyota untuk segmen BEV adalah bZ4X di Indonesia. Kemudian, serta pasar PHEV diwakili oleh RAV4 GR Sport dan model HEV yang terdiri dari Corolla, Camry, Kijang Innova Zenix, Yaris Cross, Alphard, Vellfire, serta C-HR.

Secara mengejutkan, posisi kedua untuk pabrikan dengan penjualan kendaraan ramah lingkungan jatuh kepada Suzuki yang memperoleh 10.060 unit. Saat ini, pabrikan tersebut baru menjual model hybrid yang terdiri dari Ertiga GX Hybrid, Ertiga SS Hybrid, XL7 Beta Hybrid, XL7 Alpha Hybrid, dan All-New Grand Vitara.

Hyundai, pabrikan asal Korea Selatan, menempati posisi ketiga dalam penjualan mobil ramah lingkungan dengan mencapai 6.084 unit. Dalam segmen tersebut, Hyundai hanya menjual EV yang terdiri dari Ioniq 5, Ioniq 6, Kona Electric, dan Ioniq EV.