Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka memperluas ekosistem kendaraan listrik, Hyundai Motor Group menjalin kemitraan dengan perusahaan kendaraan truk ternama, Iveco Group. Keduanya menandatangani perjanjian pasokan untuk kendaraan listrik komersial ringan.

Nantinya, kendaraan tersebut akan memakai lencana dari Iveco untuk pasar Eropa dengan mengusung platform eLCV Global yang dikembangkan oleh Hyundai. Dengan demikian, ini semakin menguatkan portofolio perusahaan multinasional ini dalam menghadirkan kendaraan komersial ramah lingkungan.

“Pengenalan kendaraan listrik baru ini sangat menarik bagi pasar Eropa, di mana distribusi dan pengiriman di perkotaan dan pinggiran kota merupakan misi penting bagi operator logistik,” kata Luca Sra, selaku President Truck Business Unit Iveco Group, dalam laman resmi merek, Sabtu, 3 Februari.

Sejalan dengan yang diucapkan oleh Luca Sra, Ken Ramirez, sebagai Executive Vice President and Head of Global Commercial Vehicle & Hydrogen Business Hyundai Motor Company, mengatakan bahwa platform eLCV yang digunakan Iveco dapat menjadi transformative yang kuat di pasar kendaraan komersial ringan.

“Kami yakin platform eLCV Global kami, ditambah dengan keahlian Iveco Group di pasar Eropa, akan menjadi kekuatan transformatif di pasar LCV, berkontribusi terhadap percepatan masa depan netral karbon di Eropa,” ucap Ramirez.

Model dengan emblem Iveco akan menjadi model ekspor pertama yang menggunakan platform eLCV, sebuah platform yang dikembangkan oleh perusahaan asal Korea Selatan yang diperuntukkan untuk kendaraan komersial ringan dengan Gross Vehicle Weight (GVM) mulai dari 2,5 ton hingga 3,5 ton.

Menurut klaim Hyundai, platform ini menawarkan teknologi terbaru untuk EV generasi berikutnya dengan desain lantai yang lebih rendah sehingga memungkinkan dalam meningkatkan pemuatan atau pengangkutan kargo.

Melalui kemitraan ini, perusahaan ini akan memproduksi dan memasok kabin sasis berlencana ‘IVECO’ untuk pasar Eropa dan Iveco Group akan menyesuaikan dan mendistribusikan seluruh kendaraan secara lokal serta eksklusif melalui saluran penjualannya.

Model ini nantinya akan diluncurkan dalam gelaran IAA Transportation 2024 yang akan digelar pada 16-22 September mendatang termasuk di Hannover, Jerman.