Banyak Faktor, Mazda Indonesia Catatkan Penjualan Apik 5.320 Unit Kendaraan Tahun 2023
Jajaran kendaraan yang dihadirkan dalam acara 'Mazda Power Drive' 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Eurokars Motor Indonesia, yang merupakan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) dari brand otomotif Mazda di Indonesia, melihat tahun 2023 sebagai tahun penting. Pada akhir tahun lalu (2023), Mazda mencatatkan penjualan sebanyak 5.320 unit, mencapai angka penjualan tertinggi dalam tiga tahun terakhir sejak 2020, dengan pertumbuhan hingga 100 persen.

Tren peningkatan penjualan oleh PT Eurokars Motor Indonesia terus meningkat sejak masa pandemi global pada tahun 2020.

Menurut Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia), Ricky Thio, banyak faktor yang mendorong kesuksesan penjualan.

"Keberhasilan PT EMI pada tahun 2023 didukung oleh berbagai faktor, terutama antusiasme dan dukungan dari para penggemar dan pelanggan Mazda, serta kinerja optimal dari dealer principal kami," katanya dalam keterangan yang diterima, Kamis, 25 Januari.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa layanan purna-jual Mazda yang terus mengalami perbaikan kinerja, didukung oleh program MYMAZDA SERVICE yang menyediakan fasilitas tanpa biaya untuk jasa dan suku cadang selama 3 tahun atau 60.000 km, juga berkontribusi dalam kesuksesan tersebut.

"Sepanjang tahun 2023, Mazda juga aktif berpartisipasi dalam pameran otomotif bergengsi seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dan Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023. Tak lupa, misi besar Mazda untuk memasuki segmen pasar kendaraan premium juga terwujud pada tahun lalu (2023), dengan peluncuran The All-New Mazda CX-60," tambahnya.

Peluncuran The All-New Mazda CX-60 oleh PT EMI menandai komitmen Mazda dalam menghasilkan produk premium 7G dalam kategori Large Premium SUV. Mobil ini menggunakan mesin 3.3L Inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged yang dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System), mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 450 Nm, memberikan performa maksimal dengan efisiensi bahan bakar yang baik.

Pramita Sari, Marketing & Communications General Manager PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia), menjelaskan model dan warna yang paling diminati para pelanggan di tahun 2023. CX-5 dan CX-3 tetap menjadi model favorit, dengan Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic sebagai warna pilihan terpopuler.

"Dalam dunia Mazda, Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic dianggap sebagai premium colours yang melibatkan teknologi khusus dalam proses pengecatannya, menghasilkan hasil akhir yang presisi dan berkualitas tinggi, sebagaimana diaplikasikan oleh tangan-tangan pengrajin terampil," ungkapnya.

Ricky Thio, pada kesempatan yang sama, juga merinci rencana PT EMI untuk tahun 2024. 

"Kami berhasil mencatatkan penjualan Mazda Power Drive terbesar sejak penyelenggaraannya pada tahun 2018. Kami juga mencapai penjualan tertinggi sejak dimulainya pandemi global pada tahun 2020, menunjukkan kemampuan kami untuk bangkit dari tantangan di industri otomotif dunia. Terima kasih kepada para penggemar dan pelanggan Mazda di Indonesia, dealer principal kami, serta Eurokars Group, yang baru-baru ini meresmikan kantor pusat terbaru di Singapura pada bulan Desember lalu," ungkapnya.