Bagikan:

JAKARTA - Mazda Motor Corporation mengumumkan laporan penjualan secara global pada periode November 2024 dengan kantongi 111.919 unit atau naik 7,9 persen dibandingkan perolehan tahun lalu pada bulan yang sama.

Menurut data di laman resmi Mazda, Senin, 30 Desember, pasar domestik di Jepang menyumbang 12.792 unit atau menurut 3,3 persen. Sementara, pasar luarnya memperoleh 99.127 unit atau naik 9,5 persen.

Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu pasar terbesar yang dikuasai oleh Mazda dengan berhasil memperoleh 33.422 unit penjualan (naik 20,6 persen). Kemudian, Eropa menyumbang dengan jumlah 12.604 unit namun turun 16,6 persen dan China berjumlah 8.516 unit (turun 0,4 persen).

Pada bulan tersebut, CX-5 menjadi primadona bagi pasar global dengan catatkan penjualan 28.217 unit (naik 1,2 persen), diikuti oleh CX-30 berjumlah 19.576 unit (naik 19,6 persen), dan Mazda3 dengan 14.781 unit (turun 14 persen).

Berbeda dari pasar global, SUV CX-5 bukanlah produk terlaris di pasar rumah sendiri melainkan CX-80. Model terbaru ini menyumbang penjualan 2.225 unit pada bulan November 2024 dan disusul oleh Mazda2 (naik 20,6 persen). Sementara itu, CX-5 berada di peringkat ketiga dengan 1.646 unit (turun 18,1 persen).

Pada periode sebelas bulan di tahun 2024, penjualan global Mazda naik 3,1 persen atau peroleh 1.169.976 unit dengan pasar AS menyumbang 388.587 unit atau melonjak 20 persen.

Kemudian, pasar Eropa mengalami penurunan 6,9 persen dengan jumlah 159.867 unit dan China menyumbang sebanyak 73.692 unit atau turun 2,3 persen.

Sementara khusus pasar Jepang, pabrikan berbasis di Hiroshima Jepang ini kantongi penjualan 131.204 unit di rumah sendiri sepanjang tahun 2024 atau turun 21,4 persen.