Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang berlangsung di Las Vegas Convention Center, AS, mulai tanggal 9 hingga 12 Januari 2024, menjadi ajang bagi para produsen teknologi untuk memamerkan inovasi terbaru mereka.

Salah satu teknologi yang menarik perhatian publik adalah teknologi unggulan yang diterapkan dalam sektor otomotif.

Dalam ajang tersebut, Nvidia menjadi salah satu perusahaan yang menarik perhatian publik. Perusahaan asal Amerika Serikat ini memamerkan teknologi AI otomotifnya yang telah diadopsi oleh beberapa produsen.

Teknologi AI Nvidia telah menjadi sorotan di CES 2024. Teknologi ini diminati oleh berbagai perusahaan otomotif karena dapat memberikan berbagai manfaat, seperti meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan berkendara.

7
CLA Class

Dilansir dari laman resmi Nvidia, Selasa, 9 Januari, salah satu perusahaan yang mengadopsi teknologi AI Nvidia adalah Mercedes-Benz. Pabrikan asal Jerman ini memamerkan konsep CLA Class yang menggunakan sistem Nvidia Drive Orin, yang merupakan domain mengemudi otomatis. Sistem ini memungkinkan mobil untuk mengemudi secara mandiri di jalan raya, bahkan dalam kondisi lalu lintas yang kompleks.

Selain itu, Mercedes-Benz juga menggunakan teknologi digital twins dalam kegiatan produksinya. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk membuat replika digital dari pabriknya, sehingga dapat digunakan untuk merancang, berkolaborasi, merencanakan, dan mengoperasikan fasilitas manufaktur dan perakitan secara virtual.

8

Lalu ada juga perusahaan startup Kodiak Robotics yang mengadopsi teknologi AI Nvidia. Perusahaan pengembang truk otonom ini mengandalkan GPU Nvidia untuk komputasi berkinerja tinggi. Sistem ini memungkinkan truk untuk mengemudi secara mandiri di jalan raya, bahkan dalam kondisi cuaca buruk.

7
Pebble Flow

Sementara, perusahaan startup lainnya yang mengadopsi teknologi AI Nvidia adalah Pebble. Perusahaan ini menghadirkan Pebble Flow, sebuah trailer perjalanan semi-otonom listrik yang ditenagai oleh Nvidia Drive Orin. Trailer ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti sistem mengemudi otonom, sistem parkir otomatis, dan sistem hiburan.

7
Polestar 3

Selain Mercedes-Benz, Kodiak Robotics, dan Pebble, perusahaan otomotif lainnya yang mengadopsi teknologi AI Nvidia adalah Polestar. Pabrikan asal Swedia ini menampilkan model Polestar 3 yang dibekali dengan komputer inti pusat Nvidia Drive Orin. Komputer ini memungkinkan Polestar 3 untuk memiliki berbagai fitur canggih, seperti sistem mengemudi otonom, sistem hiburan, dan sistem keamanan.