JAKARTA - Menjelang akhir tahun 2024, PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menunjukkan performa positif di pasar otomotif Indonesia. Dari total penjualan nasional sebanyak 806.721 unit untuk periode Januari-November 2024, TAM berhasil menyumbang 268.288 unit.
Meski angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu yang mencapai 327.675 unit, TAM justru mencatatkan pertumbuhan market share sebesar 0,8 persen. Capaian ini menunjukkan kemampuan Toyota untuk tetap menjaga daya saing di tengah dinamika pasar yang menantang.
Tentu ini tidak terlepas dari PT TAM yang merilis sejumlah produk terbaru di tahun ini seperti All-New Vellfire HEV, GR Yaris facelift, Prius HEV, New Fortuner, All-New Hilux Rangga, dan lainnya. Nah, bagaimana proyeksi perusahaan ini di tahun depan?
Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto mengatakan pihaknya selalu berkomitmen dalam memperluas layanan dan produk unggulan sesuai kebutuhan konsumen tanah air. Sayangnya, ia tidak sebutkan lebih detail gebrakan apa yang akan dilakukan oleh pihaknya.
“Tahun 2025, Toyota selalu berkomitmen dalam berikan pelayanan dan produk sesuai dengan kebutuhan Indonesia,” kata Henry dalam acara media gathering di Kuningan, Selasa, 17 Desember.
BACA JUGA:
Selain itu, ia juga memberikan sebuah isyarat mengenai kehadiran model baru dalam presentasinya terdiri dari lini Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan satu dari sub-divisi Gazoo Racing (GR).
“Saya tidak bisa sebutkan produknya, tapi berikan teaser mobil BEV dan HEV serta lini dari Gazoo Racing,” tambah Henry.
Meskipun PT TAM masih bungkam mengenai produk ada kemungkinan salah satu lini produknya ialah antara Corolla Cross facelift atau kehadiran generasi terbaru Camry dengan penggerak HEV yang telah dipasarkan terlebih dahulu di negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Filipina, dan Malaysia.