Toyota Isyaratkan Kejutan di GIIAS 2023, Luncurkan Model Elektrifikasi Lagi?
Toyota bZ4x (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang diadakan pada 10-20 Agustus mendatang, banyak pabrikan berencana menghadirkan kejutan kepada pengunjung.

Mitsubishi berencana menghadirkan "The New SUV" dalam salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia dengan desain serta performa yang baru.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) dikabarkan juga akan memberikan kejutan pada pergelaran tahunan tersebut. Namun, Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandi, tidak memberikan isyarat lebih lanjut.

"Pokoknya lihatlah nanti di GIIAS atau dekat-dekat GIIAS, kan udah bulan Juli sekarang," ucap Anton dikutip dari ANTARA, Jumat, 7 Juli.

Kejutan tersebut diindikasikan sebagai kehadiran kendaraan terbaru dari segmen elektrifikasi. Terlebih lagi, pihaknya juga sedang mendorong pertumbuhan kendaraan bertenaga listrik maupun hybrid di Indonesia.

Anton juga mengatakan bahwa PT TAM dengan senang hati menghadirkan lini kendaraan yang memiliki dampak baik bagi lingkungan baik itu berasal dari energi hidrogen, listrik, hybrid, maupun plug-in hybrid untuk pasar Tanah Air.

"Banyak hal yang belum pasti gitu ya, tapi pasti kita ingin ke depannya ada lagi produk-produk hybrid, elektrifikasi akan kita luncurkan lagi karena memang animo masyarakat memang cukup baik," tambah Anton.

Yang terbaru, Toyota menghadirkan SUV kompak Yaris Cross yang ditenagai oleh teknologi hybrid. Varian HEV (Hybrid Electric Vehicle) dilengkapi dengan mesin 2NR-VEX 1.500 cc 4-silinder, dengan tenaga dari mesin bensin sebesar 89 dk dan torsi 121 Nm, serta motor listrik dengan tenaga 79 dk dan torsi 141 Nm. Sistem hybrid Toyota (TTHS) dilengkapi dengan mode EV dan transmisi CVT.

Toyota juga telah menghadirkan SUV bertenaga listrik murni pertamanya untuk pasar Indonesia, yakni bZ4x sejak akhir tahun lalu. Crossover tersebut ditenagai oleh motor listrik dengan sistem penggerak roda depan (FWD) yang menghasilkan tenaga 201 dk dan 266 Nm.

Performa yang mengesankan ini ditambah dengan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh yang mampu membuat mobil ini melaju sejauh 500 km dalam hitungan WLTP.

SUV ini mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW serta pengisian cepat DC hingga 150 kW. Bahkan, bZ4x memiliki pengisian daya cepat dari 0 hingga 80 persen dalam waktu 30 menit.