Bagikan:

JAKARTA - Industri sepeda motor di India kembali dihebohkan dengan kehadiran dua model terbaru dari Triumph, yaitu Speed 400 dan Scrambler 400 X. Kedua sepeda motor ini dibangun dalam kolaborasi dengan Bajaj, dan menawarkan performa yang luar biasa dengan harga terjangkau.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Triumph Speed 400. Dikutip dari Reuters, 5 Juli, motor ini dijual dengan harga sekitar 233.000 rupee atau sekitar Rp42 juta, yang sangat terjangkau dari para pesaing. Bahkan, untuk 10.000 pemesanan pertama, Triumph menawarkan harga spesial sebesar 223.000 rupee atau Rp40 jutaan.

3
Speed 400.

Dalam segmen sub-500cc, motor ini menjadi salah satu yang paling terjangkau di pasaran. Beberapa pesaingnya antara lain KTM 390 Duke (297.475 rupee), Honda CB300R (277.267 rupee), BMW G 310 R (285.000 rupee), dan Royal Enfield Scram 411 (206.394 rupee). Dalam hal harga, Speed 400 unggul jauh dari pesaing-pesaingnya tersebut.

Dikutip laman resmi Triumph India, secara desain Speed 400 dikatakan memiliki tampilan yang kuat dengan gaya retro yang modern. Lampu depan berbentuk bulat, spion, dan tangki bahan bakar motor ini terlihat sangat elegan. Warna dan grafis yang sporty juga menambah daya tarik visual dari motor ini. Di sisi lain, Scrambler 400 X memiliki desain yang lebih tangguh dengan nuansa scrambler, namun tidak seagresif scrambler full-fledged.

Kedua motor ini didukung oleh mesin baru berkapasitas 398cc, satu silinder, berpendingin cairan yang mampu menghasilkan tenaga 40 dk dan torsi 37.5Nm. Performa yang ditawarkan oleh mesin ini sangat mengesankan. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 6 percepatan yang dilengkapi dengan kopling slip-and-assist.

Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti ride by wire, kontrol traksi yang dapat diatur, dan sistem pengereman ABS dengan dua saluran.

Pada Scrambler 400 X, ABS dapat dinonaktifkan untuk melakukan aksi meluncur. Suspensi depan menggunakan garpu USD berdiameter 43mm dengan teknologi big piston, sedangkan suspensi belakang menggunakan suspensi tunggal dengan kemampuan pengaturan preload.

Speed 400 memiliki perjalanan suspensi depan sebesar 140mm dan belakang sebesar 130mm, sedangkan Scrambler 400 X memiliki perjalanan suspensi depan dan belakang sebesar 150mm. Perbedaan tersebut membuat Scrambler 400 X lebih cocok digunakan di perkotaan daripada untuk kegiatan offroad yang intens.

Sistem pengereman pada Speed 400 menggunakan cakram depan berdiameter 300mm, sedangkan Scrambler 400 X dilengkapi dengan cakram depan berdiameter 320mm yang lebih besar. Kedua motor ini juga dilengkapi dengan cakram belakang berdiameter 230mm.

Speed 400 menggunakan ban MRF Zapper Kurve berpola blok, sedangkan model internasional menggunakan ban Metzeler Karoo Street yang lebih premium. Selain itu, Speed 400 versi India menggunakan ban Apollo Alpha H1 yang juga mampu memberikan performa yang baik.

Meskipun harganya sangat terjangkau, Triumph tidak mengorbankan fitur-fitur penting pada Speed 400 dan Scrambler 400 X. Kedua motor ini dilengkapi dengan panel instrumen semi-digital yang menampilkan informasi kecepatan, jarak tempuh, indikator posisi gigi, dan jam. Fitur immobilizer juga disematkan pada kedua motor ini untuk meningkatkan keamanan. Selain itu, meskipun tidak memiliki konektivitas smartphone atau navigasi turn-by-turn, fitur-fitur tersebut mungkin bukanlah hal yang sangat dibutuhkan mengingat harga yang ditawarkan oleh kedua motor ini.

Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X juga menawarkan efisiensi bahan bakar yang cukup baik dengan angka konsumsi sekitar 28,32 km/liter.