Suzuki Invicto, MPV Terbaru Kembaran Toyota Innova Zenix dari India
Suzuki Invicto. (Foto: Twitter/@hanmust)

Bagikan:

JAKARTA - Kolaborasi antara pabrikan otomotif kembali terjadi dalam pengembangan model kendaraan terbaru. Tujuan kolaborasi ini adalah untuk mengurangi biaya pengembangan yang dibagi bersama.

Beberapa perusahaan telah menjalin kerjasama, contohnya Toyota dan BMW yang menghasilkan mobil sport Toyota GR Supra, VW dengan Ford yang berbagi platform untuk kendaraan listrik, dan Mitsubishi dengan Renault dan Nissan yang menghasilkan model terbaru Colt yang basisnya diambil dari Renault Clio.

Baru-baru ini, dilansir pada laman Carscoops, Kamis, 6 Juli, kolaborasi antara Suzuki dengan Toyota menghasilkan Suzuki Invicto, sebuah MPV yang didasarkan pada model Toyota Innova Zenix. MPV ini diperkenalkan di India dan tersedia dalam kapasitas tujuh atau delapan penumpang, menawarkan ruang yang lebih lega.

4
Peluncuran Suzuki Invicto. (Foto: Twitter/@hanmust)

Secara tampilan, Suzuki Invicto terlihat mirip dengan Toyota Innova Zenix pada bagian depan. Namun, Suzuki memberikan sedikit perubahan dengan menambahkan gril berukuran besar dengan garis pelat krom dan logo Suzuki yang mencolok.

Desain bemper depan juga mengalami perubahan dengan adanya air intake dan skid plate yang berbeda. Grafik lampu juga sedikit diubah mengikuti gaya khas Suzuki.

Bagian belakang juga mengalami sedikit revisi dengan tambahan trim krom di sekitar air intake dan lampu belakang yang diperbarui. Secara keseluruhan, bagian belakang masih memiliki kemiripan dengan Innova Zenix.

Dibangun di atas platform Toyota GA-C, Suzuki Invicto memiliki dimensi panjang 4.755 mm dan wheelbase 2.850 mm, memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pengemudi dan penumpang, Suzuki menyediakan layar sentuh infotainment 10,1 inci, instrumen kluster 7 inci, dan sistem audio enam speaker. Fitur lainnya meliputi kursi berventilasi, AC dual-zone, atap panoramik, kamera 360 derajat, dan enam airbag untuk keamanan. Suzuki juga menyediakan empat mode pada Invicto: EV, Normal, Eco, dan Power.

Berbeda dengan versi Toyota, Suzuki Invicto hanya tersedia dalam sistem hybrid. MPV ini dilengkapi dengan mesin 2,0 liter 4-silinder yang menghasilkan daya hingga 150 dk yang dikombinasikan dengan motor listrik berkekuatan 112 dk.

Dengan kombinasi tenaga tersebut, Invicto mampu menghasilkan daya gabungan hingga 183 dk. Tenaga ini disalurkan ke roda depan melalui sistem gearbox e-CVT.

Suzuki Invicto akan dirakit di pabrik Toyota Bidadi, India, berbagi dengan Innova Zenix. Harga perkiraan untuk MPV ini adalah sekitar 30.000 hingga 35.000 dolar AS (sekitar Rp454,3 juta hingga Rp530 jutaan).