Toyota Innova Zenix HEV Meluncur di Thailand, Apa Bedanya dengan Versi di Indonesia?
Toyota Innova Zenix Hybrid. (Dok. Toyota Thailand)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah hadir di Malaysia dan Indonesia, Toyota menghadirkan MPV andalan Innova Zenix untuk pasar Thailand. Menariknya, Toyota membawa dua varian yang keduanya merupakan hybrid.

Toyota Innova Zenix untuk pasar Thailand memiliki desain yang sama dengan Indonesia. Dimulai dari lampu LED pada bagian depan dan belakang, grill besar, hingga bentuk keseluruhan dari mobil ini sangat familiar.

Zenix dibangun di atas platform GA-C dari Toyota New Global Architecture (TNGA), Innova Zenix memiliki dimensi panjang 4.755 mm, lebar 1.860 mm, dan wheelbase 2.850 mm, memberikan ruang yang luas dan kenyamanan bagi penumpang.

Dalam hal interior, spesifikasi yang ditawarkan di Indonesia termasuk layar hiburan belakang ganda berukuran 10 inci, atap panoramik, dan fitur keselamatan canggih Toyota Safety Sense.

Di luar itu, MPV medium tersebut juga dihadirkan fitur keselamatan lainnya seperti ABD, Brake Assist, EBD, VSC, Traction Control, Hill Start Assist, Tyre Pressure Monitoring System, dan dilengkapi enam buah airbag.

Dilansir dari laman Paultan, Senin, 24 Juli, di Thailand, Innova Zenix tersedia dalam varian 2.0 HEV Smart dan 2.0 HEV Premium. Kedua varian ini memiliki mesin serta performa yang sama. Dengan dibekali mesin 2.0 liter M20A-FXS 4-silinder naturally-aspirated yang menghasilkan tenaga sebesar 149 dk dan torsi 187 Nm.

Mesin ini dipadukan dengan motor listrik berkekuatan 111 dk dan torsi 205 Nm. Total tenaga kombinasi yang dihasilkan mencapai 184 dk. Tenaga listriknya tersalurkan dari baterai nickel-metal hybride dengan kapasitas 6,5 Ah disertai transmisi e-CVT.

Yang membedakan hanya terkait harga. Innova Zenix Hybrid di Thailand dibanderol mulai dari 1,3 juta Baht atau kisaran Rp600 juta hingga 1,4 juta Baht atau setara Rp645 jutaan.

Harga tersebut tentunya cukup mahal bila membandingkannya dengan Innova Zenix Hybrid yang dijual di Tanah Air yang mulai Rp468,6 juta hingga Rp621,6 juta.

Di Indonesia, Toyota menyematkan nama "Kijang" di tengah nama dari Innova Zenix. Sedangkan di Thailand, tidak dihadirkan nama tersebut, sama seperti pasar Malaysia.

Untuk pasar Negeri Gajah, Toyota Innova Zenix Hybrid tersedia dalam pilihan empat warna, yakni Dark Steel Mica, Attitude Black Mica, Silver Metallic, dan Platinum White Pearl.

Sedangkan Indonesia, menghadirkan empat pilihan warna yang sama. Namun, ditambahkan opsi warna DK Steel MC untuk unit spot order.