Tiga Mobil Mewah Ini Raih Predikat Keselamatan Tertinggi Menurut ANCAP
Kia EV9. (Dok. Drive)

Bagikan:

JAKARTA - Menurut penilaian dari Australasian New Car Assessment Program (ANCAP), tiga kendaraan mewah, yaitu Kia EV9, Mercedes-Benz EQE, dan BMW Seri-5, terbukti memiliki tingkat keselamatan tertinggi.

Pengujian yang baru keluar hasilnya ini didasarkan pada protokol pengujian baru untuk tahun 2023, yang mencakup kriteria yang lebih ketat dari pengujian sebelumnya, seperti yang dilansir dari Drive, Kamis, 7 Desember.

6

Mercedes-Benz EQE SUV 2024 berhasil meraih predikat tertinggi dengan skor 87 untuk Perlindungan Penumpang Dewasa, 92 untuk Perlindungan Penumpang Anak-anak, 80 untuk Perlindungan Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda, serta 86 untuk Teknologi Safety Assist. SUV EQE mendapatkan nilai sempurna dalam uji benturan samping dan memberikan perlindungan optimal bagi penumpang kursi depan dalam uji offset frontal. Pencapaian ini membuatnya mendapatkan poin penuh untuk perlindungan penumpang anak-anak dalam dua skenario tersebut.

8

BMW Seri-5 dan i5 mendapatkan skor 89 untuk Perlindungan Penumpang Dewasa, 87 untuk Perlindungan Penumpang Anak-anak, 86 untuk Perlindungan Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda, serta 81 untuk Teknologi Safety Assist. Kedua model ini menunjukkan kinerja yang baik dalam uji tabrak fisik, terutama dalam melindungi pengguna jalan yang rentan.

Sementara, Kia EV9 meraih nilai 84 untuk Perlindungan Penumpang Dewasa, 87 untuk Perlindungan Penumpang Anak-anak, 76 untuk Perlindungan Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda, serta 85 pada tes Teknologi Safety Assist. Mobil ini disorot karena sistem Autonomous Emergency Braking (AEB) yang baik dan fitur Driver Monitoring System (DMS) untuk memantau pengemudi, memberikan peringatan jika mengalami kelelahan atau microsleep, meningkatkan tingkat keselamatan.