Tesla Model 3 dan Y Jadi Kendaraan Populer Armada Angkutan di Amerika Serikat
Tesla Model 3. (Dok. Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Selain menjadi merek kendaraan listrik terlaris di dunia, ternyata Tesla juga menjadi kendaraan listrik yang paling diminati berbagai armada perusahaan transportasi umum, swasta, hingga instansi pemerintahan di Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Teslarati, Selasa, 31 Oktober menurut data baru dari S&P Global Mobility, kendaraan Tesla mencakup hampir sepertiga pembelian armada kendaraan listrik selama periode 13 bulan terakhir sejak Juli 2023.

Sedangkan untuk yang paling laris itu ada di Model 3 dan Y, baik untuk instansi pemerintahan hingga perusahaan swasta. Bahkan Model 3 tercatat terjual hingga 10 ribu unit.

Lonjakan penjualan Tesla kepada instansi ini pertama kali terjadi pada tahun 2021 silam, saat mulai bekerja sama dengan Hertz, perusahaan rental yang melakukan pembelian 100.000 unit kendaraan listrik Tesla.

Tesla dan Hertz juga memulai kemitraan tambahan dengan Uber, dan perusahaan tersebut menambah 25.000 armada platform ride-hailing tersebut pada awal tahun ini.

Di sisi lain dari laporan yang ada, menunjukkan bahwa penjualan untuk kebutuhan armada seringkali bersifat sporadis, dan seringkali bertepatan dengan siklus pembelian tertentu. Sebagai salah satu contoh, laporan tersebut mencatat bahwa Tesla menjual lebih dari 13.500 unit Model 3 kebutuhan armada pada bulan Desember 2022 dan Januari 2023. Angka tersebut melonjak hingga 4.300 unit dari bulan sebelumnya.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa Chevy Bolt ternyata juga diminati di mana mencakup 39 persen kendaraan listrik untuk armada pemerintah, sedangkan untuk merek lain juga turut ambil bagian seperti Ford EV dari F-150 Lightning, E-Transit, dan Mustang Mach-E.