Bagikan:

JAKARTA - Apa jadinya jika Tesla Cybertruck dengan rangka yang kokoh dan desain yang futuristik jadi pilihan armada patroli aparat kepolisian? 

UP.FIT, divisi dari bengkel modifikasi Tesla, Unplugged Performance, mengumumkan rencana mereka untuk mengubah Cybertruck menjadi mobil patroli kepolisian di Amerika Serikat (AS). Kendaraan patroli Cybertruck ini diperkirakan akan mulai berpatroli pada akhir tahun ini.

“Cybertruck UP.FIT adalah kendaraan patroli generasi berikutnya mewakili lompatan teknis yang signifikan ke masa depan dan kami bersemangat untuk menawarkan masa depan kepolisian kepada lembaga penegak hukum.” kata CEO Unplugged Performance Ben Schaffer,” dalam rilis perusahaan, 11 Juni.

Ia pun menyatakan kegembiraannya dengan banyaknya masukan langsung dari departemen kepolisian yang telah berpartisipasi dalam pengembangan Cybertruck ini dan  berharap dapat mengerahkan kendaraan UP.FIT yang lengkap ini ke lembaga penegak hukum pada akhir tahun ini.

6

Sebelumnya, dilansir Car and Driver, 12 Juni, UP.FIT sudah berpengalaman memodifikasi Tesla untuk kepolisian di Amerika Serikat, menawarkan paket untuk Model 3, Model Y, Model S, dan Model X. Nah, khusus Cybertruck patroli, UP.FIT akan menyematkan berbagai perlengkapan khusus kepolisian seperti lampu rotator, sirene, radio, dan sistem komputer yang ditingkatkan. Tak ketinggalan, ada opsi tambahan berupa push bar di bagian depan dan pelek 18 inci khusus untuk penggunaan patroli.

3

Modifikasi UP.FIT tidak berhenti sampai disitu. Mereka juga menawarkan opsi untuk penggunaan taktis, militer, dan operasi pencarian dan penyelamatan. Beberapa fitur yang bisa ditambahkan meliputi partisi tahanan, penyimpanan senjata, kandang anjing K-9, peningkatan performa rem dan ban, serta modifikasi untuk penggunaan off-road ekstrem. Menariknya, akses internet Starlink dari perusahaan Elon Musk, SpaceX, juga tersedia sebagai opsi tambahan.

3

Pemilihan Cybertruck ini punya alasan di mana bodi rangka luar bajanya itu tahan karat dan juga tahan peluru. Tesla sendiri mengklaim bodywork Cybertruck dapat menahan tembakan senjata ringan. Selain itu, UP.FIT memuji handling dan teknologi bantuan pengemudi Cybertruck sebagai alasan utama mereka memilih kendaraan ini untuk patroli kepolisian.

Soal harganya belum diungkap namun jelas melebihi harga Cybertruck varian tertinggi yang mencapai 101.985 dolar AS atau setara Rp1,6 milar.