Bagikan:

JAKARTA- Perkembangan kendaraan ramah lingkungan terus meningkat, namun untuk di masa mendatang tak hanya kendaraan listrik penuh uang menjadi dominasi, melainkan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) juga.

Keyakinan ini diungkapkan oleh pabrikan asal China yakni Chery yang dikatakan langsung oleh Guibing Zhang, CEO Chery International. Bahkan menurutnya minat beli kendaraan listrik saat ini menurun.

“Kini subsidi tahun lalu sudah habis. Jadi kami merasakan pasar mengalami perubahan total. Saya kira lima tahun lalu mungkin pangsa pasarnya 10 kali lipat dari PHEV, tapi sekarang menurut saya tahun ini dan tahun lalu PHEV meningkat tajam tetapi Bev-nya turun,” kata Guibing Zhang kepada awak media Indonesia di Wuhu, China, dikutip dari laman Antara, Selasa, 17 Oktober.

Lebih lanjut ia memperkirakan penjualan PHEV akan semakin subur beberapa tahun mendatang. Bahkan bisa melampaui penjualan kendaraan listrik utuh yang kini memang diminati banyak kalangan pecinta otomotif.

Untuk itu saat ini Chery tengah mempersiapkan diri untuk menyambut tren tersebut, baik kendaraan listrik penuh maupun PHEV, ia mengklaim saat ini pabrikan tersebut memiliki teknologi terbaik.

“Jadi menurut saya juga begitu, tapi bagaimanapun juga kami akan terus siapkan teknologinya, jadi kapan saja pasarnya berubah dan butuh apa, kita sudah persiapkan, menurut saya ini adalah keuntungan utama yang kita butuhkan untuk menjaganya tetap baik,” tutupnya.