Bagikan:

JAKARTA - Sejak menjabat sebagai CEO untuk Toyota pada Januari lalu menggantikan Akio Toyoda, Koji Sato melakukan gebrakan untuk memajukan produknya. Salah satunya ialah melanjutkan divisi Gazoo Racing (GR) dengan meneruskan pengembangan modelnya.

Sato mengambil alih jabatan sebagai Presiden sekaligus CEO Toyota Motor Corporation menggantikan cucu dari pendiri Toyota, Akio Toyoda yang berpindah menjadi Chairman.

Semasa jabatannya sebagai CEO, Toyoda turut berperan besar dalam berdirinya divisi GR, serta mendukung divisi balap tersebut untuk berkompetisi di ajang reli maupun kejuaraan ketahanan dunia. Ia juga memiliki jabatan sebagai "Master Driver", yang di mana ia terlibat langsung pengembangan divisi GR.

Koji Sato mengungkapkan, pihaknya akan mempercepat kembali pengembangan merek Gazoo Racing untuk masa depan.

"Brand Gazoo Racing akan selalu diakui di masa depan dan mungkin kami bahkan akan mempercepatnya," ujar Sato yang dikutip dari Autocar, Minggu, 30 April 2023.

Ia pun menambahkan, dengan Akio Toyoda yang ditempatkan pada jabatan sebagai Chairman, ada kemungkinan Toyoda memiliki waktu yang lebih banyak dalam mengembangkan mobil untuk GR.

"Master Driver (Akio Toyoda) adalah pemimpin perusahaan dan pada saat yang sama dia memegang kendali divisi Gazoo Racing. Sekarang, ia hanya ketua, mungkin dia punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan mobil untuk mereka?," tambah Sato.

Sejauh ini, Toyota menghadirkan beberapa mobil yang dikembangkan oleh Gazoo Racing, seperti GR86, Supra, Yaris, dan Corolla.

Di Indonesia, dihadirkan juga beberapa model varian GR, seperti Agya, Rush, Raize, dan SUV yang akan datang, RAV4.

Toyota belum membeberkan lebih banyak mengenai model selanjutnya yang akan dihadirkan oleh Gazoo Racing. Namun, saat ini mereka sedang mempertimbangkan SUV terbarunya, bZ4x untuk dimasukkan ke dalam jajarannya.