Bagikan:

JAKARTA - Toyota pada Desember 2021 meluncurkan 15 model konsep yang akan menjadi mobil listrik. Salah satunya adalah SUV bZ4X yang telah menjadi mobil produksi jalan raya.

Selain itu, Toyota juga mengumumkan pembaruan jajaran mobil bebas emisi, termasuk kendaraan berperforma tinggi yang akan tersedia pada tahun 2026.

Ketua Toyota, Akio Toyoda, saat 24 Hours of Le Mans pada Minggu, mengungkapkan bahwa divisi Gazoo Racing telah membuat mobil sport listrik dengan desain futuristik dan transmisi manual.

Toyoda menyatakan bahwa mobil sport berperforma tinggi tersebut fokus pada sensasi mengemudi daripada powertrain. 

Meskipun Toyoda tidak dapat memastikan apakah mobil ini akan dipasarkan, yang pasti adalah mobil tersebut harus menyenangkan untuk dikendarai.

"Saya tidak tahu apakah mobil itu akan masuk ke pasar, tetapi prioritas pertama membuat mobil semacam ini adalah mereka harus menyenangkan untuk dikendarai, tidak peduli powertrain apa yang mereka gunakan," kata Toyoda yang dikutip dari Autocar, Kamis, 15 Juni.

Toyoda juga mengatakan bahwa aspek lainnya yang akan hadir pada mobil terbaru GR tersebut adalah memberinya transmisi manual. Hal menarik lainnya, Toyoda mengklaim bahwa mobil EV GR tersebut juga akan memiliki suara mesin.

“Dengan bangga saya dapat mengatakan bahwa ini adalah contoh bagaimana Toyota telah berubah menjadi perusahaan di mana dapat menerima masukan dari karyawannya, membuat mobil dari ide mereka dan kemudian menunjukkannya untuk test drive," kata Toyoda.

Jadi, suara mesin, tuas persneling manual, dan kopling akan ada dalam mobil performa EV GR Toyota ini. Di sisi lain brand mewah di bawah naungan Toyota, Lexus juga akan mengembangkan mobil sport tanpa emisi. Mobil tersebut diharapkan akan menjadi penerus dari LFA yang memiliki tenaga V10, bahkan mobil Electrified Sport Concept tersebut juga akan mendapatkan transmisi manual dengan tiga pedal.