Mercedes-Benz Hadirkan Empat Model Terbaru di Indonesia Dua di Antaranya Mobil Listik
Jajaran mobil Mercedes-Benz yang diluncurkan dalam acara STAR DRIVE 2023. (Dok. MBDI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) secara resmi membuka acara STAR DRIVE 2023 dengan meluncurkan empat model terbaru untuk pasar Indonesia, mencakup The New EQA, The NEW EQB, The New GLC, dan The New A- Class.

Choi Duk Jun, selaku Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, mengatakan dari 4 model itu ada dua varian elektrik terbaru, The New EQA dan The New EQB, sebagai bagian strategi yang dilakukan oleh pihaknya dalam berpindah ke ranah elektrifikasi.

"Sejalan dengan strategi kami, electrification atau elektrifikasi, di STAR DRIVE tahun ini, kami memperkenalkan dua model kendaraan full-electric terbaru yaitu The new EQA, anggota keluarga kendaraan full-electric Mercedes-Benz yang berukuran paling kecil, dan The new EQB, full-electric 7-seater SUV pertama di Indonesia," kata Choi Duk Jun, dikutip ANTARA, Kamis, 15 Juni.

The New EQA merupakan model SUV listrik terbawah dalam jajaran mobil listrik murni, Mercedes-EQ. EQA terbaru tersebut memiliki baterai lithium-ion double decker berkapasitas 66,5 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 486 km dan dapat mengisi daya dari 10 ke 80 dalam waktu 100 kW dengan DC fast-charging 100 kW.

Mobil ini juga tersedia fitur Active Steering assist yang menawarkan kenyamanan tambahan melalui sensasi berkendara dengan semi-autonomous dari model ini.

Ada juga model SUV bertenaga listrik lainnya yang memiliki kapasitas tujuh tempat duduk, yakni The New EQB. mobil ini memiliki kapasitas baterai yang sama dengan The New EQA, namun memiliki jarak tempuh hingga 448 km dan dapat mengisi daya dari 10 ke 80 dalam waktu 32 menit dengan menggunakan DC fast-charging 100 kW.

Selain memiliki fitur Active Steering Assist, mobil keluarga tersebut juga hadir dengan pengembangan aerodinamis secara digital yang dapat memudahkan pengemudi mengendarai mobil.

Sementara, untuk dua varian mesin pembakaran internal untuk pasar Indonesia, yakni The New GLC dan The New A-Class 200. Perlu diketahui, kedua mobil bermesin pembakaran tersebut dirakit secara lokal.

Untuk Mercedes-Bens The New GLC memiliki desain khas AMG yang terdiri dari air intake sporty, elemen trim berlapis krom, dan panoramic sliding sunroof. Meskipun mengusung mesin pembakaran, namun SUV tersebut dibekali teknologi hybrid.

Dengan mesin 4Matic, mobil SUV tersebut dapat menghamburkan daya hingga 258 dk dengan torsi 400 Nm. Ini dikawinkan dengan sistem mild-hybrid yang memiliki tenaga 22 dk dan torsi 200 Nm.

Fitur-fitur lain yang tersedia pada The new GLC di antaranya DIGITAL LIGHT dengan fitur cerdas Adaptive Highbeam Assist Plus, sistem audio Burmester 3D yang terdiri atas 15 speaker, MBUX generasi NTG 7, dan suspense Agility Control.

Sedangkan untuk The New A-Class 200, merupakan varian terbawah dari model A-Class. Model seri terbaru ini memiliki fitur terkini seperti panoramic sliding sunroof, desain baru pada headlamp taillight dan steering wheel, serta penggunaan lampu LED performa tinggi dengan fitur cerdas Adaptive Highbeam Assist.

Mobil ini merupakan mesin berbahan bakar bensin dengan 4-silinder 1.332 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 163 dk dan torsi 270 Nm dikawinkan dengan transmisi tujuh percepatan.

The New A-Class dibanderol seharga Rp825 juta, sedangkan untuk The New GLC harganya segera akan diumumkan.

Sedangkan, dua mobil listrik terbaru, yakni The New EQA dijual senilai Rp1,54 miliar dan SUV The New EQB dibanderol seharga Rp1,65 miliar.