Iwan Bule Pastikan Tidak Ada Praktik Titipan Pemain di Timnas Indonesia
Para pemain timnas Indonesia (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional senior dan U-19 akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta, 23 Juli-8 Agustus. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan, pemilihan pemain sepenuhnya hak pelatih Shin Tae-yong. 

"Semuanya ditentukan oleh Shin Tae-yong karena kami menyerahkan seluruhnya kepada dia," kata Iriawan melansir Antara, Kamis, 30 Juli.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu memastikan tidak ada praktik titipan pemain untuk menjadi bagian dari timnas Indonesia. Termasuk dalam pemanggilan pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri seperti Elkan William Tio Baggot yang bermain di Ipswich Town, Inggris.

"Tidak ada titip-menitip. Bahkan saya tidak bisa ikut campur," kata dia menegaskan.

Tim nasional senior dan U-19 Indonesia sudah berkumpul di Jakarta pekan lalu. Seharusnya tim nasional menjalani pemusatan latihan perdana di Stadion Madya Senayan Jakarta, Sabtu kemarin, namun harus diundur pada Sabtu besok. Kegiatan TC sendiri diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas asal Korea Selatan itu.

Bagi timnas Indonesia senior TC dilakukan sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand, 8 Oktober, menjamu Uni Emirat Arab, 13 Oktober dan tandang ke Vietnam pada 12 November.

Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan, 14-31 Oktober. Timnas Garuda Muda ini berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja dan Iran.