Piala AFF Batal Digelar Tahun Ini, Kalender Olahraga di 2021 Kian Padat?
Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi (tengah) (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pagelaran Piala AFF batal digelar 2020 ini. Penyebabnya pandemi COVID-19 yang belum juga terkendali. Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

Yunus mengatakan, AFF belum menentukan jadwal pengganti. Federasi Sepak Bola Asia Tenggara itu masih akan melakukan rapat pada 30 Juli mendatang. Sempat muncul usulan jadwal pengganti di bulan Februari atau Maret 2020. Namun, PSSI menolak usulan tersebut.

Yunus mengatakan, ada dua hal yang membuat PSSI menolak. Pertama karena bulan itu sudah mau mendekati jadwal puasa. Selain itu, PSSI juga punya gawean yang lebih besar.

"Indonesia sedang fokus ke persiapan Piala Dunia (U-20)," tutur Yunus kepada media di Jakarta.

Pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut menambahkan, pihaknya tak begitu memikirkan kapan turnamen Piala AFF akan digelar. Semuanya diserahkan sepenuhnya ke AFF.

"Kita tunggu saja. Nanti staf saya yang akan ikut rapat (dengan AFF)," ujarnya.

Sejatinya Piala AFF dihelat pada 23 November hingga 31 Desember 2020 di Vietnam. Namun, melihat situasi pandemi COVID-19, AFF tak mau ambil risiko dengan memaksa turnamen digelar sesuai jadwal.

Namun, penundaan ini diyakini bakal menimbulkan masalah. Pasalnya, pada 2021 sudah banyak event olahraga yang bakal dihelat. Mulai dari SEA Games, Olimpiade dan Piala Dunia U-20.