Bagikan:

JAKARTA – Babak pertama Australia Open 2024 sudah selesai digelar. Sebanyak delapan wakil Indonesia pun memastikan diri lolos ke babak kedua.

Babak pertama dari ajang berlevel Super 500 BWF yang berlangsung di Quaycentre, Sydney, Auatralia, selesai dihelat pada Rabu, 12 Juni 2024, petang WIB. Dari tujuh wakil Indonesia yang bermain di hari kedua turnamen, enam di antara melanjutkan perjalanan ke babak kedua.

Salah satu dari enam tiket itu diamankan oleh ganda campuran Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata. Pasangan ini lolos usai mengalahkan Pramudya Kusumawardana/Nozomi Shimizu dua gim langsung, 22-20 dan 21-19.

Pramudya adalah mantan rekan Jafar/Aisyah di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) PBSI Cipayung. Namun, dia sekarang berkompetisi membawa bendera Australia setelah memutuskan hengkang dari Pelatnas meninggalkan pasangannya di ganda putra, Yeremia Rambitan.

"Pertandingan hari ini cukup ketat, dari awal sampai akhir pun skornya mepet terus. Tentang permainan hari ini, saya masih belum terlalu nyaman karena saya sendiri juga masih banyak melakukan kesalahan sendiri," ujar Jafar selepas laga.

Pada babak kedua, Jafar/Aisyah akan mendapat ujian yang jauh lebih berat sebab mereka bersua dengan unggulan kedua turnamen asal Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet.

"Untuk persiapan menghadapi pertandingan besok, pastinya lawan juga lebih berat. Saya mau fokus saja untuk menghadapi pertandingan besok."

"Saya akan menonton video rekaman pertandingan lawan dulu. Apalagi pertandingan besok itu merupakan pertemuan pertama," kata Jafar.

Jafar/Aisyah adalah satu-satunya ganda campuran tersisa di turnamen ini dari dua wakil Indonesia yang turun. Satu wakil lainnya, yakni Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, harus tersingkir di babak pertama.

Selain kedua ganda campuran itu, lima wakil Indonesia lain yang bermain hari ini ialah Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, Putri Kusuma Wardani, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan.

Kelima tunggal putri dan putra itu semuanya senasib dengan Jafar/Aisyah. Jadi, total dari sembilan wakil yang dikirim ke ajang ini, hanya Rehan/Lisa yang angkat koper lebih dini.

Sebelumnya pada hari pertama, satu tiket babak kedua diamankan oleh ganda putra veteran, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Pasangan berjuluk The Daddies itu menang atas wakil tuan rumah, Lukas Defolky/Ricky Tang.

Dari ganda putri juga ada satu wakil yang dikirim ke sini, yakni Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Keduanya mendapat tiket babak kedua tanpa perlu mengeluarkan keringat karena mendapat undian kosong.

Babak kedua Australia Open 2024 akan berlangsung pada Kamis, 13 Juni 2024. Rangkaian pertandingan akan dimulai dari pukul 12.00 waktu setempat atau pukul 09.00 WIB.

Berikut 8 Wakil Indonesia di Babak Kedua Australia Open 2024

Tunggal Putra

Chico Aura Dwi Wardoyo

Alwi Farhan

Tunggal Putri

Ester Nurumi Tri Wardoyo

Komang Ayu Cahya Dewi

Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Ganda Putri

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran

Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata