Bagikan:

JAKARTA - Jerman akan menghadapi tekanan sebagai tuan rumah di Euro 2024, namun Antonio Rudiger mengatakan timnya bisa meraih keuntungan dari bermain di kandang.

Rudiger ingin memanfaatkan pengalamannya bersama Real Madrid untuk keuntungan Jerman di Euro 2024, dengan mencari "insting pembunuh" bagi tim Julian Nagelsmann.

Duo Jerman, Toni Kroos dan Rudiger, membantu Madrid meraih gelar Liga Champions ke-15 dengan mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 di final pada pekan lalu. Kemenangan ini menambah keberhasilan Los Blancos meraih gelar LaLiga musim ini di bawah pelatih veteran Carlo Ancelotti.

Dengan pertandingan pembuka Jerman di Euro 2024 melawan Skotlandia kurang dari dua minggu lagi, Rudiger berharap bisa mengintegrasikan usaha klubnya ke dalam tim nasional Nagelsmann.

"Ini adalah dua hal yang berbeda," kata Rudiger pada  Rabu, 5 Juni, merujuk pada perbedaan antara Jerman dan Madrid. "Di sini kami memiliki sistem yang sangat baik yang sesuai dengan permainan kami, tetapi yang bisa kita ambil dari Madrid adalah insting pembunuh itu."

"Pertandingan terakhir kami melawan Ukraina sangat bagus. Sudah lama saya tidak melihat hasil 0-0 yang begitu baik dari kami, tetapi yang kurang adalah gol dan itu yang bisa kita pelajari dari Madrid," jelasnya.

Jerman tampil kurang efektif dalam hasil imbang melawan Ukraina pada Senin lalu, menunjukkan performa serupa dengan keluarnya mereka dari babak grup Piala Dunia 2018 dan empat tahun kemudian.

Mereka akan menghadapi Yunani pada  Jumat 7 Juni dalam pertandingan persahabatan terakhir sebelum Kejuaraan Eropa, di mana mereka akan bertemu Skotlandia, Hongaria, dan Swiss di Grup A.

"Antisipasi di negara kami sangat besar," tambah Rudiger. "Pada hari Jumat kami memiliki ujian penting terakhir. Ini penting untuk kepercayaan diri kami. Penting untuk menggembirakan penggemar kami dalam ujian terakhir ini.

"Kami harus rendah hati. Kami semua tahu apa yang terjadi di turnamen-turnamen sebelumnya. Jalan untuk sampai di sini penuh dengan naik turun. Apa yang penting adalah bermain sangat baik dalam pertandingan pertama dan kemudian melihat apa yang terjadi di sisa turnamen," ungkap Rudiger.

Adapun peran Rudiger dalam tim nasional Jerman, Nagelsmann ingin bek tengah itu membimbing timnya selama turnamen. "Julian mengatakan bahwa saya harus menjadi pemimpin dalam peran saya," pungkas Rudiger