Bagikan:

JAKARTA - Perancis menunjukkan penampilan maksimal dalam uji coba melawan Luksemburg. Dalam duel di Stadion Saint-Symphorien, Metz, Kamis, 6 Juni 2024 dini hari WIB, Perancis menang 3-0. Sang kapten Kylian Mbappe turut menyumbang gol kemenangan.

Laga melawan Luksemburg menjadi uji coba pertama Perancis sebagai persiapan tampil di Euro 2024. Pelatih Didier Deschamps langsung menurunkan skuat terbaik.

Deschamps yang memakai skema 3-4-2-1 menjadikan Mbappe sebagai ujung tombak tunggal. Eks bintang Paris Saint-Germain yang kini pindah ke Real Madrid ditopang Marcus Thuram dan Antoine Griezmann.

Sedangkan Randal Kolo Muani dan Theo Hernandez bermain sebagai bek sayap. Barisan pertahanan Les Blues tampaknya cukup solid dengan trio, Jules Kounde, Ibrahima Konate dan Dayot Upamecano.

Performa cukup bagus pun diperlihatkan juara Eropa dua kali ini. Mereka langsung memberi tekanan terhadap pertahanan Luksemburg.

Hanya saja, Les Bleus belum menunjukkan ketajaman di sepanjang babak pertama. Kolo Muani akhirnya memecah kebuntuan menit 43. Sundulan pemain PSG membawa Perancis menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Memasuki babak kedua, Perancis tak menurunkan tempo permainan. Mereka unggul dalam penguasaan bola tetapi masih kesulitan mencetak gol.

Kesabaran pasukan Deschamps akhirnya memberi hasil di menit 70. Kali ini, pemain pengganti Jonathan Clauss yang memperbesar keunggulan Perancis.

Dirinya yang masuk menggantikan Hernandez melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang gagal diselamatkan kiper Anthony Moris.

Selanjutnya, Mbappe memantapkan keunggulan tuan rumah saat pertandingan akan berakhir. Gol pemain berusia 25 ini tercipta di menit 85. Skor 3-0 untuk Perancis bertahan sampai laga usai.

Perancis akan melakoni laga uji coba kedua sekaligus terakhir menghadapi Kanada, 10 Juni 2024 dini hari WIB.

Tim kemudian berlaga di Euro 2024 yang digelar di Jerman. Berada di Grup D, mereka mengawali pertarungan menghadapi Austria, 19 Juni 2024 dini hari WIB.