Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Perancis, Didier Deschamps, menanggapi kritikan jelang penampilan timnya menghadapi Spanyol di Euro 2024. Deschamp meminta penonton mengganti kanal televisi jika permainan membosankan.

Perancis dijadwalkan jumpa Spanyol pada semifinal Euro 2024 di Allianz Arena pada Rabu, 10 Juli 2024, pukul 02.00 WIB.

Les Bleus memang berhasil melangkahkan kaki menuju semifinal Euro 2024 yang berarti tinggal selangkah lagi menuju pertarungan akhir. Namun, banyak yang menilai permainan Perancis di Euro 2024 membosankan alias tidak menghibur.

Soal anggapan itu, Didier Deschamps selaku pelatih memberikan tanggapan. Ia membalas kritik tersebut dengan santai.

Deschamps justru menyarankan agar penonton mengganti kanal dan tidak usah menonton permainan Perancis di Euro 2024 jika itu membosankan.

"Jika Anda bosan, silahkan ganti kanal. Saya tidak masalah," kata Deschamps dikutip dari Mundo Deportivo pada Selasa, 9 Juli 2024.

"Anda tidak harus menonton pertandingan kami. Ini adalah turnamen Eropa, sangat sulit bagi semua orang hingga saat ini. Itu telah terjadi pada kami di edisi sebelumnya, tetapi kami juga memiliki kemampuan untuk membuat banyak orang bahagia."

"Ada masa-masa di negara kita ketika kita mengalami masa-masa buruk dalam hal sepak bola. Saya minta maaf jika sepak bola kami membosankan, itu membuat saya merasa tidak enak," ucap Deschamps.

Anggapan permainan Perancis membosankan bisa jadi muncul karena performa Les Bleus di Euro 2024 memang inkonsisten. Meski melangkah jauh ke semifinal, penampilan Kylian Mbappe dan kolega tak selalu mentereng.

Perancis lolos ke 16 besar Euro 2024 sebagai runner-up Grup D. Hasil itu mereka dapat dari satu kemenangan dan dua hasil imbang.

Pada babak 16 besar, Perancis berhasil melewati Belgia. Menjadi tim yang difavoritkan, Les Bleus menang dengan skor tipis 1-0 untuk melangkah ke perempat final.

Pada perempat final, upaya Perancis untuk melangkah mulus ke fase lanjutan juga tak mudah. Mereka berhadapan dengan tim kuat setara Portugal dan hanya bisa bermain imbang 0-0 dalam waktu normal.

Les Bleus kemudian menang setelah melewati adu penalti dengan skor 5-3.

Bahkan, tiga gol yang sudah dicetak Perancis sejauh ini tidak dihasilkan berkat penyelesaian akhir apik. Dua di antaranya merupakan gol bunuh diri lawan dan satu sisanya gol penalti Kylian Mbappe.