Bagikan:

JAKARTA - Laga ketiga Grup D Euro 2024 antara Perancis vs Polandia akan berlangsung di Westfalenstadion pada Selasa, 25 Juni 2024, pukul 23.00 WIB.

Analisis Opta menyebut Perancis favorit keluar sebagai pemenang dengan 70,3 persen. Catatan pertemuan yang dirangkum 11v11 juga masih menunjukkan keunggulan Les Bleus.

Anak didik Didier Deschamps mengemas sembilan kemenangan, lima seri, dan tiga kekalahan saat bentrok kontra Polandia.

Faktor lain yang bikin Perancis diunggulkan ialah rekor clean-sehat. Gawang Mike Maignan belum kebobolan dalam 367 menit alias empat pertandingan internasional mereka.

Belum lagi Polandia sudah dipastikan angkat koper karena belum mendulang poin dalam dua laga sebelumnya.

Masalah-masalah minor, seperti ketidakhadiran Kylian Mbappe tampaknya sudah ditemukan solusi. Perancis tak bergantung kepada satu pemain dan itu terbukti saat melawan Belanda di laga kedua grup.

Peluang Mbappe bermain di laga pemungkas grup pun masih 50:50. Deschamps tentu tak ingin mengambil risiko mengingat cedera hidung sang penyerang belum pulih. Deschamps lebih memilih mengistirahatkan Mbappe untuk fase gugur.

Rekor-rekor sebelumnya tampaknya hanya akan jadi catatan di atas kertas mengingat situasi terkini Perancis dan Polandia.

Statistik Polandia yang tidak pernah kalah dalam tiga pertandingan penyisihan grup di turnamen besar punya kans besar runtuh.

Begitu pun dengan catatan Perancis yang belum pernah memenangi pertandingan terakhir penyisihan grup dalam delapan turnamen besar (Piala Dunia & Euro) pun punya peluang besar terhenti.

Perjumpaan Perancis vs Polandia menjadi bentrok ketiga di turnamen besar dan yang pertama di Euro.

Pertemuan pemungkas mereka terjadi di Piala Dunia 2022. Kala itu, Perancis menang 3-1 atas Polandia di babak 16 besar.

Les Bleus tidak terkalahkan dalam delapan pertemuan terakhirnya kontra Polandia di semua ajang (menang empat kali dan seri empat kali). Terakhir kali mereka takluk dari Polandia ialah pada Agustus 1982 di laga persahabatan dengan skor 0-4.

Perancis punya ambisi besar meraup tiga poin dan mengakhiri perjalanan Grup D sebagai pemuncak klasemen. Peluang menang besar.

Polandia cuma memiliki kans kemenangan 12,2 persen, sementara 27,5 persen berakhir imbang. Persentase itu realistis mengingat mereka akan tampil tanpa Robert Lewandowski.

Prakiraan Formasi

Perancis (4-4-1-1): Mike Maignan; Theo Hernandez, Dayot Upamecano, William Saliba, Jules Kounde; Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni, N’Golo Kante, Ousmane Dembele; Antoine Griezmann; Marcus Thuram

Pelatih: Didier Deschamps

Polandia (3-5-2): Wojciech Szczesny; Jakub Kiwior, Jan Bednarek, Pawel Dawidowicz; Bartosz Slisz, Jakub Piotrowski, Nicola Zalewski, Piotr Zielinski, Przemyslaw Frankowski; Adam Buksa, Krzysztof Piatek

Pelatih: Michal Probierz