Bagikan:

JAKARTA - Pau Cubarsi, bek Spanyol yang berlaga di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia tampil di laga uji coba melawan Andorra di Stadion Municipal Nuevo Vivero, Badajoz, Kamis 6 Juni 2024 dini hari WIB. Dia membuat assist yang membawa Spanyol menghancurkan Andorra 5-0.

Cubarsi menjadi salah satu sedikit bintang di Piala Dunia U-17 yang langsung menapak ke level senior. Karier pemain berusia 17 ini memang termasuk mulus.

Dari Indonesia, pemain akademi La Masia ini kemudian dipanggil pelatih Barcelona saat itu Xavi Hernandez. Cubarsi menunjukkan konsistensi sehingga bisa bertahan di tim senior.

Apalagi, dia kemudian mendapat panggilan dari pelatih Luis de la Fuente untuk bergabung dengan timnas senior. Cubarsi melakukan debut saat Spanyol kalah 1-0 lawan Kolombia di laga uji coba, Maret lalu.

Cubarsi bersama Lamine Yamala menjadi pemain muda yang membela La Roja di Euro 2024. Di laga uji coba melawan Andorra, Cubarsi menjadi starter.

Hanya, De la Fuente tidak menurunkan skuat terbaik di uji coba itu. Dirinya memberi kesempatan bermain kepada pemain cadangan dan muda seperti Cubarsi.

Hasilnya, eks kapten timnas U-17 ini menyumbang assist yang dituntaskan Ayoze Perez di menit 24. Perez sendiri melakukan debut di laga tersebut dan langsung mencetak gol.

Keunggulan 1-0 Spanyol bertahan sampai akhir babak pertama. Pasalnya tidak ada lagi gol yang tercipta di sepanjang babak itu.

Memasuki 45 menit kedua, De la Fuente melakukan sejumlah pergantian pemain. Termasuk Cubarsi yang digantikan bek Real Sociedad Robin Le Normand.

Spanyol pun bermain ofensif dan menekan pertahanan Andorra. Tak lama kemudian atau tepatnya di menit 53, Spanyol menambah gol melalui Mikel Oyarzabal.

Selanjutnya, Oyarzabal kembali membobol gawang lawan yang mengubah skor menjadi 3-0. Pemain depan Sociedad ini mencetak gol kedua di menit 66.

Unggul tiga gol tak membuat pemain Spanyol menurunkan tempo permainan. Mereka tetap menekan lawan. Hasilnya, Oyarzabal mencetak hattrick di menit 73.

Spanyol akhirnya menambah gol saat Ferran Torres menaklukan kiper Josep Gomes yang masuk menggantikan Iker Alvarez di menit 81. Skor berubah menjadi 5-0 untuk Spanyol dan bertahan sampai pertandingan selesai.