Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Belgia, Domenico Tedesco, mengatakan bahwa ia telah mempelajari beberapa pelajaran berharga dari kemenangan 2-0 timnya atas Montenegro dalam laga persahabatan persiapan Euro 2024 pada  Rabu, 5 Juni.

De Bruyne mencetak gol pembuka di Brussel saat ia memenangkan caps ke-100-nya dan Leandro Trossard menyempurnakan kemenangan dengan penalti di masa tambahan waktu. Meskipun kemenangan tersebut terlihat pasti, Belgia masih menghadapi tantangan dalam penampilannya menjelang Kejuaraan Eropa di Jerman.

"Saya belajar banyak hari ini dengan semua pergantian yang saya lakukan, tetapi lebih sulit untuk mempertahankan struktur yang sama setelah jeda," kata Tedesco, dikutip VOI dari Reuters.

"Kami juga lebih sulit masuk ke dalam permainan, tetapi setelah 75 menit, semuanya menjadi lebih baik," tambah pelatih yang timnya memulai dengan baik tetapi terhalang oleh penampilan luar biasa dari kiper Montenegro yang lahir di Inggris, Matija Sarkic.

Kevin De Bruyne membuat penampilan pertamanya untuk Belgia setelah lebih dari setahun absen karena cedera hamstring yang membuatnya absen setengah musim di Manchester City.

"Saya senang bisa kembali. Sudah lama sekali," katanya kepada wartawan setelah pertandingan. "Menyenangkan bisa bermain dalam caps ke-100 saya di Belgia. Ini awal yang baik dan menyenangkan bisa mencetak gol. Kami pantas memimpin di babak pertama, tetapi setelah jeda, permainan menjadi sedikit lebih sulit karena pergantian pemain.

"Penting untuk masuk ke dalam ritme dan mendapatkan otomatisasi dalam permainan kami. Ini juga membutuhkan penyesuaian bagi saya karena saya belum banyak bermain dengan tim ini," tambahnya.

"Ada momen-momen yang baik, tetapi juga ada momen-momen yang tentu saja bisa lebih baik. Namun, kami bisa membangun dari sini," ujar kapten Belgia itu.

Tedesco memiliki satu lagi pertandingan persahabatan pada Sabtu sebelum timnya berangkat ke Euro 2024.

"Untuk pertandingan berikutnya melawan Luksemburg, (striker Romelu) Lukaku akan kembali ke tim untuk mendapatkan beberapa menit bermain. Saya juga akan menyesuaikan beberapa hal lain, tetapi kita akan lihat nanti. Yang jelas, saya tidak akan melakukan enam pergantian pemain di babak pertama lagi," kata Tedesco.