Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Belgia akan memainkan laga pertama mereka di Euro 2024 dengan melawan Slovakia. Tulisan berikut ini membahas kekuatan kedua tim menjelang laga tersebut.

Kampanye kedua tim di Grup E ini akan dihelat di Frankfurt Arena, pada Senin, 17 Juni pukul 23.00 WIB. Di grup yang sama ada Rumania dan Ukraina juga yang akan bermain terlebih dahulu di malam yang sama.

Keempat tim ini memiliki peluang yang terlihat sama-sama sangat terbuka untuk ke babak gugur. Dengan demikian, masing-masing mereka akan memburu hasil positif di pertandingan perdana nanti.

Belgia yang memiliki generasi emas dalam beberapa tahun belakangan, sudah tidak dianggap sebagai salah satu unggulan di Euro 2024. Tidak terlalu banyak yang menjagokan mereka lagi.

Meski demikian, status mereka sebagai kuda hitam tetap melekat. Apalagi tim asuhan Domenico Tedesco tersebut hadir di Jerman dengan bekal kemenangan di laga uji coba versus Montenegro dan Luksemburg.

Dalam dua pertandingan itu mereka sanggup mencetak lima gol dan tidak kebobolan. Selain itu, mereka juga belum terkalahkan di semua kompetisi sejak kekalahan 0-2 dari Maroko di Piala Dunia 2022.

Pada saat di Qatar mereka gagal melewati fase grup setelah hanya finis di urutan ketiga di belakang Maroko dan Kroasia. Padahal, di Euro 2020 mereka bisa mencapai babak perempat final.

Penampilan terbaik Belgia di Euro terjadi pada tahun 1980 ketika mereka menjadi runner-up usai menderita kekalahan 1-2 melawan Jerman Barat di final kompetisi.

Walaupun mengisi grup dengan kekuatan tim yang merata, skuad besutan Tedesco merupakan favorit untuk finis di puncak grup. Tiga poin melawan Slovakia bisa mereka dapatkan sebelum berturut-turut melawan Rumania dan Ukraina.

Di lain sisi, Slovakia pasti akan mengincar posisi kedua di grup untuk langsung lolos sekalipun finis di peringkat ketiga juga dapat membawa mereka melaju ke babak sistem gugur Euro 2024.

The Falcons sendiri belum pernah tampil di putaran final Piala Dunia sejak 2010 ketika mereka bisa mencapai babak 16 besar. Namun, mereka berkompetisi di Euro 2020 dan tersingkir di babak penyisihan grup.

Mencapai babak 16 besar di Euro 2016 merupakan penampilan terbaik Slovakia di kompetisi ini. Mereka hadir di Jerman membawa dua kemenangan dari laga uji coba atas San Marino dan Wales dengan skor sama, 4-0.

Tim asuhan Francesco Calzona hanya kalah satu kali dalam tujuh pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Mereka juga finis di posisi kedua dalam kualifikasi di belakang Portugal.

Hanya saja Slovakia belum pernah meraih kemenangan atas Belgia. Dari tiga pertemuan sebelumnya mereka menelan kekalahan satu kali dan bermain imbang sebanyak dua kali.

Satu-satunya kemenangan Setan Merah tersebut terjadi ketika kedua tim terakhir kali bertemu dalam pertandingan persahabatan internasional pada bulan Februari 2013, sebuah jarak waktu yang sudah cukup lama.

Perkiraan Formasi

Belgia (3-4-2-1): Casteels; Faes, Witsel, De Cuyper; Castagne, Mangala, Onana, Doku; Trossard, De Bruyne; Lukaku

Slovakia (4-3-3): Dubravka; Pekarik, Vavro, Skriniar, Hancko; Kucka, Lobotka, Duda; Schranz, Bozenik, Haraslin